15 Menit Olahraga untuk Diet ini Bisa Dilakukan di Rumah

olahraga diet di rumah

Olahraga adalah aktifitas penting yang sudah seharusnya dilakukan oleh semua orang untuk menjaga kesehatan tubuh. Kesibukan aktifitas kerja sering membuat orang setiap hari sibuk dari pagi hingga malam sehingga tidak ada waktu untuk berolahraga.

Kebanyakan orang menganggap olahraga yang benar itu harus fitness pergi ke gym, joging atau bersepeda di luar ruangan selama lebih dari 1 jam. Memang benar olahraga dalam waktu yang lama akan lebih membakar kalori dan menyehatkan tubuh.  Namun bagi yang punya sedikit waktu luang dan malas untuk olahraga hal tersebut justru malah membuat malas.

Bagi yang sedang menjalankan program diet, olahraga se minimal mungkin harus dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dalam pembakaran kalori. Kamu cukup olahraga di rumah yang bisa kamu lakukan selama 15 menit dengan beberapa gerakan ini.

Tips Olahraga untuk Membakar Kalori

1. Olahraga sebelum sarapan / makan

Bisa melakukan olahraga pada saat pagi hari sebelum makan atau sebelum jam buka (untuk diet intermittent fasting)

Sudah banyak pakar diet yang menyarankan untuk melakukan olahraga sebelum jam makan. Karena pada saat kondisi perut kosong tubuh akan mengambil energi dari cadangan lemak, sehingga proses diet lebih efektif.

Jika dibandingkan ketika perut sudah terisi, kemungkinan ada cadangan energi dari karbohidrat. Saat olahraga tubuh sudah tercukupi energinya dari karbohidrat.

2. Olahraga angkat beban

Olahraga di rumah bisa kok angkat beban jadi tidak perlu pergi ke gym. Kamu bisa melakukan variasi gerakan dengan mengangkat beban tubuh sendiri seperti plank dan push up.

Jika kamu seorang wanita bisa membuat media angkat beban dengan botol bekas 1,5 liter yang di isi dengan air. Kemudian kamu lakukan angkat beban botol tersebut saja dengan 12 repetisi 4 kali kanan kiri.

Rekomendasi olahraga diet tanpa alat

Olahraga ini bisa kamu terapkan di rumah hanya butuh waktu 10-15 menit sudah membantu dalam proses diet dan membuat tubuh lebih sehat.

1. Push upgerakan push up

Angkat beban tubuh paling mudah adalah push up. Pada orang yang kelebihan berat badan 5 - 20 Kg 1 kali gerakan naik turun push up bisa membakar 2 kalori, jadi jika 10 kali gerakan sudah membakar 20 kalori.

Biasanya jika pemula paling maksimal bisa kuat antara 30 - 50 kali gerakan naik turun dengan benar. Artinya sudah bisa membakar hampir 100 kalori.

Push up merupakan salah satu gerakan yang efektif dalam melatih otot dada, lengan, dan perut. Selain itu, push up juga bisa membantu meningkatkan kekuatan inti tubuh, postur tubuh, dan daya tahan fisik. Gerakan push up bisa dilakukan dengan variasi yang berbeda-beda untuk menargetkan otot yang berbeda-beda pula.

2. Plankolahraga diet di rumahGerakan plank cukup mudah dilakukan bagi pria maupun wanita. Lakukan dengan hitungan 1 sampai 20 kali, lalu berhenti istirahat 30 menit dan lakukan lagi hingga tubuh tidak kuat

Plank ini dilakukan dengan posisi tubuh tengkurap, lalu tangan menopang tubuh di bawah bahu, sementara jari-jari tangan ditekuk. Kaki direnggangkan dengan ujung jari-jari kaki menopang tubuh, sehingga tubuh membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki.

Gerakan plank dapat membantu memperkuat otot-otot inti tubuh, termasuk otot perut, pinggang, dan punggung bawah. 

3. Squatgerakan squat

Squat adalah gerakan naik turun untuk melatih otot kaki. Gerakan sekuat juga melibatkan berat badan yang ditopang oleh kaki. Bisa melakukan variasi dengan membawa beban berat ditangan seperti barbel atau dumbbell agar ada beban tambahan saat melakukan squat.

Lakukan 12 kali gerakan naik turun kemudian istirahat 30 detik kemudian ulangi lagi sampai 4 kali.

Saran
Kamu bisa melakukan ketiga gerakan olahraga ini sekaligus satu per satu maka akan sangat efektif untuk membakar kalori. Jika belum kuat bisa memilih satu-satu dulu sesuai  tingkat kekuatan tubuh dalam melakukan.

Jika terasa sudah ringan bisa menambah jumlah gerakan atau variasi posisi. Ketiga olahraga ini merupakan gerakan yang mengangkat beban tubuh, jadi akan sangat membantu untuk pembakaran kalori saat kamu diet.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama