Inilah Manfaat Minum Air Putih untuk Diet Turun Berat Badan

manfaat air putih untuk diet

Alifandofla.com -  Air putih memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh, termasuk pada saat menjalankan diet menurunkan berat badan. Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat air putih untuk diet yang bermanfaat untuk kamu.

Diet sehat dan tepat adalah cara yang efektif untuk menjaga kesehatan dan mengurangi risiko penyakit. Salah satu cara untuk mendukung keberhasilan diet adalah dengan memperbanyak minum air putih. 

Air putih merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai fungsi, seperti membantu menjaga suhu tubuh, menjaga keseimbangan elektrolit, dan membersihkan racun dari dalam tubuh. Karena itu, minum cukup air putih sangat penting untuk mendukung diet yang sehat dan tepat.

4 Manfaat Utama Air Putih untuk Diet

1. Membantu menekan rasa lapar sesaat

Air putih dapat membantu mengurangi asupan kalori dengan cara memberikan rasa kenyang beberapa saat sehingga mengurangi rasa lapar. 

Saat kami sedang diet sedang mengurangi asupan kalori, coba sering-sering minum air putih, kamu akan merasakan kenyang beberapa saat. Jadi bisa digunakan untuk menahan rasa lapar saat diet.

Memulai hidup sehat dengan minum 2 gelas air putih sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan karena membantu mengurangi jumlah makanan yang dimakan. Karena bisa membuat lambung sebagian terisi air dengan nol kalori, sehingga terasa lebih cepat kenyang.

7 Minuman Ini Bisa Membantu Program Diet

2. Dapat meningkatkan metabolisme

Minum cukup air putih juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang berarti tubuh dapat membakar kalori lebih efektif. 

Pada penelitian tahun 2003 ada penelitian (Water-induced thermogenesis) yang menemukan bahwa minum 500 ml air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30% selama sekitar satu jam setelah minum. Hal ini karena proses pencernaan menjadi lebih lancar.

Selanjutnya juga diperkuat dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013, para peneliti menemukan bahwa minum 500 ml air putih sebelum melakukan olahraga dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 25%.

3. Membantu mengurangi lemak visceral

Lemak visceral adalah jenis lemak yang menumpuk di sekitar organ dalam tubuh dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Kebanyak orang yang jarang berolahraga dan kekurangan asupan air putih terdapat lemak visceral yang berbahaya.

Minum air putih juga ada yang mengatakan dapat membantu mengurangi lemak visceral pada wanita yang mengalami obesitas. 

4. Meningkatkan kinerja olahraga

Dalam melakukan program diet lebih baik jika disertai dengan olahraga. Minum cukup air putih sebelum, selama, dan setelah berolahraga dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga dan mempercepat pemulihan tubuh. 

Air dapat mencukupi hidrasi tubuh sehingga peredaran nutrisi dan peredaran darah menjadi lebih baik. Kondisi tubuh dehidrasi dapat mempengaruhi kinerja gerakan tubuh pada saat olahraga dan berakibat menurunkan kebugaran fisik.

Kesimpulannya, bahwa minum air sebanyak 2-3 liter air putih sehari dapat membantu diet menurunkan berat badan. Cobalah untuk minum 2 gelas setelah bangun tidur, 1-2 gelas sebalum makan dan minum ketika dalam keadaan lapar, sehingga membantu menekan rasa lapar.

Jadwal Minum Air Putih untuk Diet

Jumlah air putih yang harus diminum setiap hari

Meskipun penting untuk memperbanyak minum air putih, jumlah yang tepat dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan. Sebagai aturan umum, disarankan untuk meminum minimal 2000 - 3000 ml air putih setiap hari. Sama dengan skitar 4 botol air mineral ukuran 600 ml.

  • Membawa botol air minum saat beraktivitas seharian
  • Menambahkan irisan lemon atau mint ke dalam air putih untuk memberikan rasa segar
  • Mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan air, seperti semangka dan mentimun
  • Menghindari minuman beralkohol dan berkafein, yang dapat menyebabkan dehidrasi

Minum cukup air putih sangat penting bagi kesehatan tubuh, terutama saat kita sedang berusaha menurunkan berat badan. 

Air putih dapat membantu mengurangi asupan kalori, meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak, serta membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan mengurangi retensi air. Dalam melakukan diet, pastikan untuk memperbanyak minum air putih dan menjaga asupan kalori yang tepat.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara