Aplikasi Kasir Jowara

Perbedaan Kualitas dan Kuantitas Beserta Contohnya

Alifandofla.com - Dalam kehidupan sehari-hari dalam menggunakan bahasa pasti kita sering mendengar kata kualitas dan kuantitas. Kedua kata ini mempunyai arti makna yang berbeda. Karena itu kita jangan salah menyebutkan atau mengartikan. Dalam artikel ini akan memberikan informasi pengetahuan perbedaan kualitas dan kuantitas agar kamu bisa lebih tahu.

Memahami pengetahuan kata dan bahasa penting karena pasti akan kita gunakan dari sejak di bangku sekolah hingga di tempat bekerja. Terlebih di dunia kerja dan usaha, kata kualitas dan kuantitas akan sering disebutkan.

Terkadang jika belum terbiasa menggunakan kata tersebut akan kebalik-balik dalam mengartikan, hal ini wajar hampir setiap orang ketika pertama kali mengenal kata tersebut akan sedikit bingung.

Arti kualitas adalah penilaian mutu baik buruk, atau bagus tidaknya suatu hal yang tidak diukur dengan angka. Bisa untuk menilai ukuran kualitas manusia maupun kualitas suatu barang.

Arti kuantitas adalah pengukuran berdasarkan angka yang jelas seperti jumlah barang, berat, volume, dan data yang bisa dihitung. 

perbedaan kualitas dan kuantitas

Perbedaan Kualitas dan Kuantitas

Kualitas adalah penilaian mutu baik buruk atau bagus tidaknya suatu hal yang tidak bisa dihitung dengan angka, sedangkan kuantitas adalah ukuran yang jelas ada nilai angkanya seperti jumlah, berat, dan volume.

Kualitas = mutu baik buruk yang tidak bisa dihitung

Kuantitas = jumlah ukuran yang jelas bisa dihitung

Mungkin jika kamu masih belum begitu bisa membedakan, bisa membaca contoh berikut ini.

Contoh perbedaan kualitas dan kuantitas

Manusia
Kualitas manusia dinilai dari kecerdasan, ketrampilan, kebijaksanaan, etos kerja dan sikap yang baik. Semakin ahli dan terampil dalam suatu bidang maka kualitas manusia tersebut semakin baik.

Kuantitas manusia dinilai dari usia, tinggi badan, ukuran badan, dan juga jumlah banyaknya orang.

Makanan
Beli nasi goreng di restoran dibuat oleh chef dengan resep khusus akan mendapatkan nasi goreng punya kualitas rasa yang enak dan mewah, tetapi harganya pasti lebih mahal.

Daripada beli nasi goreng di restoran yang mahal mending di kaki lima bisa mendapatkan 3 porsi yang lebih banyak kauntitasnya.

Kopi
Membeli kopi di Starbucks akan mendapatkan kopi berkualitas bagus, dibuat dari kopi pilihan dengan resep khusus yang dibuat oleh barista berpengalaman.

Daripada membeli kopi di Starbuks mending membeli di Coffee shop lokal bisa mendapat 3 gelas kopi, jadi lebih banyak kuantitasnya.

Setiap orang punya pilihan masing-masin dalam menjalankan hidup. Saya contohnya kalau jajan ya lebih suka kuantitas yang porsinya banyak dan harganya murah.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama