Perbedaan Sirsak dan Srikaya dari Segi Buah dan Tananam

Alifandofla.com - Ada yang pernah makan buah sirsak dan srikaya? ini adalah dua buah yang mirip tapi berbeda. Di artikel ini akan saya berikan informasi perbedaan buah sirsak dan srikaya dari jenis tanaman, bentuk buah dan rasa keduanya. 

Mungkin saat ini sudah jarang ditemukan dua buah ini jarang ada yang menjual, jika ada mungkin berupa tanaman sirsak dan srikaya di kebun rumah pribadi. Jaman dulu termasuk buah yang disukai karena mudah di tanam. Rasa buah yang manis asam terasa segar dimakan.

Mungkin kamu masih sering dan pernah minum, minuman instan rasa sirsak yang cukup terkenal yaitu Marimas dan Nutrisari. Berikut perbedaan Sirsak dan Srikaya

Sirsak

buah sirsak
Nama latin buah sirsak adalah Annona muricata L. Sirsak ditanam dan dipetik daging buahnya untuk dimakan. Dapat tumbuh di berbagai tempat, lebih mudah jika ditanam di daerah yang cukup air. Nama sirsak berasal dari bahasa Belanda. Zuurzak. yang berarti "kantung yang asam".

Daun nya hijau tua lebar dan lebat batang pohonnya bisa tumbuh menjulang tinggi.

Bentuk buah bulat lonjong besar sebesar kepala kambing dengan buah duri-duri kecil yang mengeliling. Jika sudah matang akan berwarna lebih kuning sampai hitam.

Buah sirsak juga lebih tahan lama ketika matang. Kondisi paling enak adalah sirsak matang muda dengan buah yang kesat dan manis. Jika sudah terlalu matang akan berair

Srikaya

buah srikaya
Nama latin Srikaya adalah Annona squamosa buahnya berbentuk bulat sebesar 1 kepalan tangan orang dewasa. Jenis pohon termasuk semak yang tumbuh secara melebar. Sedangkan Sirsak tumbuh meninggi.

Daun pohon srikaya berwarna hijau muda, terlihat lebih muda jika dibangdingkan dengan pohon sirsak.

Buah srikaya dagingnya mirip dengan sirsak tetapi biasanya lebih manis. Dari sisi luar jelas berbeda karena bentuknya bulat benjolan benjolan tidak rata. Bijinya banyak di dalam ada di setiap daging buah

Kesimpulan Perbedaan Sirsak dan Srikaya

Sirsak ukuran buahnya lebih besar umumnya berbentuk lonjong kira-kira ukuran kepala kambing dengan rasa manis asam, pohonnya menjulang tinggi dan daun berwarna hijau gelap. 

Srikaya buahnya kira-kira ukuran kepalan tangan orang dewasa, rasa buah srikaya cenderung lebih manis. Bentuk pohon berbatang kecil melebar.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara