Perbedaan Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Contoh dalam Kehidupan

Alifandofla.com - Kita pasti sudah sering mendengar kata tugas, bahkan dari kecil sampai dewasa terbiasa mendapat tugas sekolah, kuliah, atau dalam pekerjaan. Kita tahu tugas adalah sesuatu yang harus dikerjakan untuk tujuan tertentu. 

Misalnya seorang siswa sekolah mendapat tugas dari gurunya, maka siswa tersebut harus mengerjakan agar mendapatkan nilai. Atau orang yang sudah bekerja mendapatkan tugas untuk menyelesaikan laporan pekerjaan, maka tugas tersebut harus diselesaikan.

perbedaan tugas dan tanggung jawab

Perbedaan Tugas dan Tanggung Jawab

Tugas adalah sebagai kewajiban atau pekerjaan tertentu yang harus dilakukan oleh seseorang dalam sebuah keadaan dan posisi tertentu. Tugas biasanya diberikan oleh guru kepada murid, dosen kepada mahasiswa, atau atasan kepada karyawan di dalam sebuah pekerjaan.

Sebuah tugas harus dilaksanakan dengan cara yang telah ditetapkan. Tugas dapat berupa pekerjaan harian, mingguan, atau bahkan proyek jangka panjang.

Tanggung jawab adalah kewajiban moral yang dimiliki seseorang atas tindakan atau keputusan yang diambilnya. Tanggung jawab bisa secara tidak langsung menjadi tugas yang harus dilakukan dengan baik, merupakan tindakan yang harus dilakukan dari keputusan yang diambil.

Misalnya tanggung jawab seorang guru harus bisa mendidik murid agar pandai. Tugas seorang dosen harus mampu mengajari mahasiswa agar dapat memahami teori dan mempraktekkan.

Contoh Perbedaan Tugas dan Tanggung Jawab

Guru
Tugas seorang guru adalah mengajar mata pelajaran pada jadwal jam yang ditentukan sesuai hari dan tanggal. Tugas jadwal mengajar ini sudah diatur oleh Kepala Seokolah.

Tanggung jawab seorang guru adalah mendidik murid agar menjadi pandai. Karena dia mengambil keputusan sebagai guru.

Murid
Tugas seorang murid adalah belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya. Menyelesaikan sesuai jadwal yang diberikan.

Tanggung jawab seorang murid adalah rajin pergi ke sekolah dan menerima pelajaran dan tugas yang diberikan oleh guru dengan baik. Seorang siswa yang tidak bertanggung jawab contohnya dia mau mengerjakan tugas tetapi hanya menyalin atau mencontoh punya teman, tidak berusaha mengerjakan sendiri.

Tanggung Jawab Muncul Karena Pilihan Keputusan

Berbeda dengan tugas yang yang biasanya diberikan oleh orang lain karena posisi seseorang. Seperti karyawan toko harus mencatat keuangan setiap hari dan memberikan laporan pekerjaan kepada atasan.

Tanggung jawab adalah bagaimana bisa menjadi karyawan toko menjalankan kan tugas dengan baik.

Seorang ketua atau pemimpin bukan sekedar menjalankan tugas untuk membuat program kegiatan tetapi juga bertanggung jawab mengatur agar kegiatan bisa berjalan dengan baik. 

Perbedaan Jiwa dan Raga Beserta Contoh Dalam Kehidupan

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara