5 Kelebihan Membeli Emas Batangan Sebagai Investasi

kelebihan emas batangan

Alifandofla.com - Mungkin sudah banyak yang tahu jika banyak kelebihan membeli emas batangan daripada membeli perhiasan jika tujuannya sebagai investasi atau menyimpan uang agar nilainya naik.

Menyimpan uang dalam bentuk emas adalah pilihan paling tepat agar uang tidak terkena inflasi. Inflasi adalah penurunan nilai uang seiring berjalannya waktu ketika di belikan barang. Atau karena terjadi kenaikan harga barang sehingga nilai uang menjadi kecil.

Sebagai contoh, 5 tahun harga 1 gram emas adalah Rp 800.000 sedangkan sekarang harganya sudah 1,1 juta. Termasuk di semua produk dan barang yang harganya rata-rata juga mengalami kenaikan setiap tahun.  Artinya jika kita menabung uang 1 juta selama 1 tahun maka sekarang justru nilainya menurun.

Tetapi jika kita menyimpan dalam bentuk emas batangan maka harganya akan terus naik mengikuti harga pasar. 

Cara Membeli Emas Batangan yang Baik

  1. Datang langsung ke toko emas paling besar di kota Anda kemudian membeli yang batangan sesuai dengan uang Anda, bisa mulai dari 1 gram hingga 50 gram.

  2. Atau bisa juga membeli di Pegadaian, pastikan harganya sesuai dengan harga emas hari ini. Mungkin ada selisih sedikit lebih mahal tetapi pastikan perbedaannya tidak terlalu jauh.

  3. Membeli emas beserta sertifikat pembelian untuk memastikan kelak bisa djiual kembali ke toko tempat asal membeli.

  4. Usahakan jangan membeli secara online, karena akan kesulitan saat menjual kembali

  5. Penjualan tanpa sertifikat yang sama tempat toko pembelian harga jual emas bisa kemungkinan akan turun hingga 85% - 90%

Jual Emas di Pegadaian vs Toko Emas

Kelebihan Membeli Emas Batangan

1. Harga jual bisa 100% mengikuti harga emas terkini ketika dijual kembali ke toko asal tempat kita membeli sebelumnya. Sedangkan emas perhiasan harganya biasanya 80% dari harga emas terkini.

2. Terbungkus dan tersimpan rapi sehingga lebih aman dari kerusakan dan kehilangan. Salah satu contoh yang sudah menggunakan bungkus rapi adalah emas batangan Antam.

3. Emas lebih mudah disimpan, karena tidak bisa untuk transaksi jual beli seperti uang, sehingga akan menunda keinginan untuk menggunakannya saat kita menyimpan emas batangan. Seringkali ketika menyimpan uang selalu ada keinginan mendadak untuk menggunakannya.

4. Semakin lama harganya semakin naik. Simpanan paling mudah dan jelas pasti naik dalam jangka waktu yang lama adalah emas. Biasanya harganya baru terasa naik setelah melewati 2 tahun disimpan.

5. Mudah dijual lagi. Di semua toko emas, apalagi toko tempat kita membeli pasti menerima penjualan emas dan harganya mengikuti harga emas hari ini. Kapanpun kita membutuhkan uang bisa menjual emas kapan saja. 

Berbeda dengan barang simpanan lain seperti barang elektronik atau properti yang jika dijual lagi belum tentu laku dan pasti harganya akan turun.

Kapan Sebaiknya Mulai Investasi Emas Batangan?

Ketika punya uang lebih senilai 1 gram emas, 2 gram dan seterusnya. Kamu bisa mulai menyimpan dalam bentuk per gram emas sesuai dengan jumlah uang yang kamu punya.

Misalnya ketika mendapat THR atau bonus dari kerja, uang berlebih tersebut bisa digunakan untuk membeli 1 atau 2 gram emas sebagai tabungan. 

Dari pengalaman pribadi saya menyimpan dalam bentuk emas batangan lebih awet daripada disimpan dalam rekening ATM yang pasti ada saja keinginan untuk memakai uang tersebut.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara