Aplikasi Kasir Jowara

Tanda Orang Kurang Bersyukur ini Semoga Tidak Terjadi Pada Kita

tanda orang kurang bersyukur

Alifandofla.com - Sikap-sikap kurang bersyukur seringkali terjadi pada setiap orang tanpa disadari. Mungkin mulut bisa mengucapkan syukur dengan mudah tetapi hati dan sikapnya justru sebaliknya. Dengan mengetahui tanda orang kurang bersyukur berikut ini semoga kita bisa menghindarinya.

Bersyukur adalah sikap yang diperintahkan Allah agar manusia mendapatkan nikmat sesuai dengan surat Ibrahim ayat 7 

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Meskipun sudah diperingatkan oleh Allah tetapi kebanyakan dari kita memang lebih sering kurang bersyukur. Yuk mari jauhi tanda-tanda orang kurang bersyukur berikut ini.

Penjelasan dan Contoh Bersyukur Kepada Allah

1. Mudah mengeluh

Seringkali mungkin kita tidak menyadari sering mengeluh karena hal-hal sepele. Sikap mudah mengeluh ini adalah salah satu tanda orang kurang bersyukur yang paling mudah ditemui.

Contoh, hanya karena lauk makanan yang dimasakin orang tua kurang enak, lalu mengeluh.  Atau karena penghasilan masih tidak sesuai harapan, berdagang pembelinya sedikit lalu mengeluh.

Mengeluh bukan saja diucapkan tetapi dirasakan di dalam hati, merasa protes dan mengeluh dengan keadaan yang diterima.

2. Merasa banyak kekurangan

Orang yang tidak bersyukur pasti dalam hatinya banyak merasa kurang, entah itu kurang dengan penampilan fisik, kurang dalam penghasilan, atau pekerjaan. Bahkan tak jarang merasa kurang dengan kondisi keluarganya.

Dalam pikirannya merasa dirinya banyak kekurangan sehingga diam-diam hatinya merasa protes dengan segala kekurangannya.

Ketika mempunyai pekerjaan yang hasilnya belum sesuai harapan dia menyepelekannya dan menganggap pekerjaan tidak jelas dan lain sebagainya.

3. Meremehkan apa yang dimiliki saat ini

Tanda orang kurang bersyukur yang sering terjadi dia suka meremehkan apa yang dimiliki saat ini, bahkan tak jarang sampai menjelekkan.

Misalnya ketika seorang mempunyai motor lawas yang kurang bagus dia seringkali mengakatakan hal buruk seperti berkata "motor jelek tua" atau "motor tua gampang mogok" dan lain sebagainya.

Atau ketika dia tinggal masih ngontrak rumah kecil dia sering mengatakan "rumahnya sempit dan sumpek".

Ketika makan mungkin hanya bisa lauk telur dan tempe setiap hari dia akan berkata kata negatif seperti "bosan setiap hari makan gini-gini mulu.

Itulah tanda-tanda orang kurang bersyukur, menjadi penyebab masalah dalam diri sendiri dan juga lingkungan keluarganya karena sikap negatif.

4. Mudah galau

Ketika sering mengeluh dengan keadaan lalu merasa diri serba kekurangan maka sudah otomatis mudah galau. Hatinya dipenuhi dengan perasaan negatif dengan keadaan yang menimpa dirinya.

Seakan-akan dia yang paling susah dalam menjalani kehidupan sedangkan orang lain selalu lebih baik. Secara tidak sadar suka membandingkan kehidupan dirinya dengan orang lain.

"Mengapa ya hidupku berat sekali" inilah kata-kata dalam hati yang sering muncul pada orang yang kurang bersyukur. Dia tidak bisa melihat sisi baik yang ada dalam hidupnya.

5. Tidak bisa menikmati keadaan saat ini

Hanya orang-orang bersyukurlah yang bisa menikmati kehidupan saat ini. Kebalikan dengan orang yang kurang bersyukur dia akan sulit menikmati kehidupan, dalam benaknya selalu menginginkan sesuatu yang lebih.

Harus lebih sukses, harus lebih kaya, harus punya mobil baru bisa merasa bahagia. Dia melihat kebahagian hanya dengan materi.

Padahal hidup sehat dan mempunyai iman yang yakin kepada Allah menjadikan hidup terasa lebih nikmat.

6. Mudah muncul perasaan iri dengki

Ketika melihat orang lain sukses, punya penghasilan besar, punya pasangan yang cantik atau tampan muncul rasa iri di hatinya. Rasa iri ini muncul secara tidak sadar dan tidak bisa dikendalikan karena ada hati perasan.

Sebagai manusia maklum muncul rasa iri ketika melihat keberhasilan orang lain, tetapi orang yang bersyukur tidak akan lama, tidak menjadi dengki. Dia menjadikan rasa iri tersebut menjadi motivasi tanpa ada rasa dengki.

Dengki adalah sifat membenci kepada orang lain karena disebabkan rasa tidak suka kepada orang lain yang mendapatkan kebahagiaan dan keberhasilan.

7. Rezekinya seret

 ..,tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.

Ayat surat Ibrahim ayat 7 ini sudah menjelaskan bahwa kufur nikmat akan menyebabkan adzab yang berat. Di dunia ditandai dengan rezekinya yang seret.

Rasa benci tidak suka dengan keberhasilan orang lain, kesuksesan secara tidak sadar akan memberikan sugesti pada diri sendiri dia benci dengan keberhasilan, jadi hal ini bisa menjadikan rezeki seret.

Berbeda dengan orang yang selalu bersyukur. Rezeki sedikit bisa mensyukuri dan menikmatinya maka akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan rezeki lebih banyak lagi.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama