Aplikasi Kasir Jowara

Macam-Macam Lauk Pauk Sehari Hari yang Enak dan Mudah

Alifandofla.com - Dalam menjalankan hidup semua orang pasti selalu makan setiap hari. Terutama orang Indonesia yang pasti suka makan dengan macam-macam lauk pauk yang enak dan mudah dimasak setiap hari.

Bagi ibu rumah tangga yang setiap hari harus menyajikan masakan sudah terbiasa membuat beraneka jenis makanan beserta lauknya untuk menu makan keluarga. Biasanya setiap hari suka membuat menu lauk yang berbeda-beda agar tidak bosan.

Tapi bagi yang mungkin baru saja berumah tangga masih bingung mau makan apa yang enak hari ini. Banyak sekali pilihan menu masak, macam-macam lauk pauk yang bisa dimasak atau dibeli di warung jika tidak ada waktu untuk memasak.

Pengertian Lauk Pauk
Adalah hidangan pelengkap makan yang mendampingi makanan utama yaitu nasi agar rasanya menjadi lebih enak dan lebih lengkap nilai-nilai gizi. Bisa berupa bahan-bahan dari hewan dan tumbuhan untuk dijadikan lauk pauk

Beberapa macam pilihan lauk makan

1. Daging ayam

lauk ayam
Daging ayam adalah lauk yang paling umum dikonsumsi oleh manusia di seluruh dunia, terlebih di Indonesia. Ayam mudah diternak dan diambil dagingnya untuk lauk makan. Daging ayam bagian dada sangat kaya akan protein yang penting bagi tubuh manusia.

Banyak sekali variasi masakan lauk dengan daging ayam yang bisa dimasak muali dari yang mudah hingga sulit antara lain menjadi lauk 

  • ayam goreng
  • ayam tepung fried chicken
  • semur
  • opor
  • ayam bakar
  • rica-rica
  • garang asem
  • pepes

2. Ikan

lauk pauk ikan
Ikan juga menjadi menu lauk yang banyak disukai oleh orang di seluruh dunia. Ada jenis ikan yang harganya murah hingga mahal.

Di Indonesia ikan laut dan air tawar sangat banyak mudah ditemukan hampir di semua pasar dengan harga terjangkau. Ada ikan lele, nila, kakap, tongkol dan bandeng.

Tongkol dan bandeng paling sering tersedia di jual di warung makan. Cara masak juga sangat mudah tinggal digoreng atau dimasak menjadi sambal goreng tongkol.


3. Telur

lauk telur balado
Lauk yang sangat umum hampir semua orang tahu dan makan, paling mudah dan simple dimasak. Tinggal digoreng telur sudah bisa menjadi lauk yang enak, banyak anak kecil yang suka. Telur menjadi pilihan lauk  tinggi protein yang murah

Telur goreng dadar menjadi lebih nikmat jika ditambah dengan daun bawang. Menjadi lauk untuk dimakan bersama nasi putih atau nasi goreng. Beberapa menu telur antara lain
  • Telur goreng
  • Semur
  • Telur balado

4. Seafood (Udang, Cumi, Kerang)

lauk udang asam manis
Ada juga beraneka macam-macam lauk pauk dari laut yang bisa sesekali dijadikan menu makan yaitu udang, cumi dan kerang. Dimasak tumis pedas dan lada hitam sangat cocok sebagai lauk menemani makan nasi.

Memang untuk udang dan cumi harganya lebih mahal dan kurang baik jika dikonsumsi setiap hari karena mengandung tinggi kolesterol.

5. Daging kambing dan sapi

sate kambing
Lauk pauk yang sedikit lebih mahal adalah daging kambing dan sapi. Kebanyakan orang Indonesia suka makan sate kambing, gule dan tongseng. Daging sapi banyak disajikan dalam bentuk rendang di rumah makan padang.

Daging kambing punya cita rasa yang khas dan enak. Jika dimakan sesekali saja sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

6. Gorengan

gorengan
Makanan satu ini adalah kesukaan masyarakat Indonesia. Makan jika disertai dengan lauk gorengan rasanya jadi lebih nikmat. Beraneka macam jenis gorengan  berbahan baku tempe dan tahu kemudian dilapisi dengan tepung.

Bakwan juga gorengan yang enak banyak disukai untuk dijadikan lauk pauk, adonan tepung dengan kubis dan wortel kemudian digoreng yang memberikan rasa empuk dan gurih.

Tapi sebaiknya jangan terlalu berlebihan makan gorengan karena tinggi kalori dan kolesterol yang kurang baik untuk kesehatan.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama