Manfaat dan Hikmah Mendaki Gunung Sebagai Kegiatan Positif

manfaat dan hikmah mendaki gunung

Alifandofla.com - Salah satu kegiatan yang positif dilakukan oleh kalangan remaja dan dewasa adalah mendaki gunung. Ada banyak manfaat dan hikmah mendaki gunung bagi yang suka melakukannya. 

Selain bisa menjadi aktifitas kegiatan liburan, hiking, camping sampai menjadi salah satu kegiatan healing, mendaki gunung memang seru dan menyenangkan. Meskipun perjalanan naik dan capek, tetapi suasana alam pegunungan, udara dingin dan pemandangan di puncak bisa menjadi semangat untuk mendaki.

Tidak semua orang mampu mendaki gunung sampai ke puncak karena memang jalan terus menanjak yang berat dan membutuhkan waktu perjalanan hingga ber jam-jam lamanya. Fisik dan mental yang kuat sebagai modal untuk bisa sampai ke puncak gunung.

Makanan untuk Camping di Gunung Praktis dan Enak Dibawa

Hikmah Mendaki Gunung

Tadabbur alam adalah salah satu hal yang dianjurkan oleh Allah agar manusia melihat tanda-tanda kebesaran Allah melalui alam semesta agar manusia semakin beriman.

Gunung yang begitu besar, tebing, pepohonan lebat, hewan liar dan kawah di gunung membuat kita mungkin tak akan mampu bertahan jika sampai kesasar. Kita hanya manusia sangat kecil jika dibandingkan dengan gunung.

Merasa kecil diantara ciptaan Allah yang lain, salah satunya adalah gunung yang sedang di daki. Kemudian dari atas Gunung kita bisa melihat langit yang luas, bumi terhampar luas. Betapa kita hanya manusia kecil yang tak terlihat. Sehingga apa yang pantas disombongkan sebagai mahkluk kecil ini.

Berdoa agar selamat di saat perjalanan karena ketika di Gunung yang luas bisa saja terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Kondisi alam yang dingin jauh dari fasilitas umum menjadikan hati sedikit takut jika terjadi apa-apa sehingga kita selalu berdoa kepada Tuhan agar selamat.

Hujan badai bisa kapan saja terjadi dan sangat membahayakan nyawa pendaki. Karena cuaca dingin, hujan dan hutan bisa membuat tubuh kedinginan dan sakit.

Menguatkan persahabatan ketika kita sama-sama naik gunung bersama dengan teman dekat atau sahabat. Di gunung sahabat sangat penting saling menjaga satu sama lain. Kompak bekerjasama ketika di perjalanan, memasang tenda dan masak bersama.

Biasanya pertemanan yang sudah muncak bareng akan menjadi lebih dekat dan akrab karena pernah saling tolong menolong di perjalanan muncak gunung.

Manfaat Mendaki Gunung

Menyehatkan badan adalah satu hal yang pasti jadi manfaat mendaki gunung. Sejak dari waktu persiapan pasti sudah ada latihan fisik seperti lari dan joging, kerena tahu akan melewati perjalanan naik gunung yang nanjak dan berat.

Jalan kaki, pernafasan paru-paru, dan udara alam yang segar menjadi satu menyebabkan banyak oksigen yang masuk sehingga dapat melancarkan peredaran darah sehingga badan menjadi lebih sehat.

Membakar lemak juga banyak terjadi apalagi jalan menanjak terus dengan membawa beban tas carier yang berat. Dalam 1 jam jalan naik gunung bisa membakar 250 kalori, jadi bagi yang kelebihan berat badan bisa lebih banyak terbakar kalorinya.

Meningkatkan stamina tubuh karena proses jalan kaki menanjak dan berat menyebabkan seluruh badan terutama jantung dan pernafasan berperan penting. Tak jarang banyak orang yang gak kuat nafas saat jalan naik Apalagi jalannya naik terus ber jam-jam tergantung ketinggian gunung yang di daki.

Jadi manfaat mendaki gunung otomatis akan meningkatkan stamina tubuh, dari mulai badan, kaki, jantung dan paru-paru pernafasan.

Meredakan stress salah satu caranya adalah dengan camping dan healing. Suasana  gunung yang alami dapat membuat otak manusia lebih tenang. Selain itu proses perjalanan yang meninkatkan pernafasan, kadar oksigen lebih banyak membuat peredaran darah di otak lebih lancar.

Meningkatkan semangat hidup juga bisa karena aktifitas mendaki gunung. Orang yang tidak punya semangat pasti akan malas dan tidak sanggup melakukannya. Karena itu pada umumnya kebanyakan pendaki adalah remaja yang masih semangat.

Ketika bisa sampai di puncak bisa menambah rasa percaya diri bahwa dia bisa melakukannya, sehingga merasa tubuhnya sehat, kuat dan lebih semangat.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama