Daftar Makanan untuk Camping di Gunung Praktis dan Enak Dibawa

makanan camping di gunung

Pengalaman muncak atau camping di gunung pasti membawa perlengkapan bekal logistik dan makanan untuk bertahan hidup selama 2 hingga 3 hari. Makanan untuk camping di gunung yang praktis, enak dan sehat agar mudah dibawa dan dikonsumsi.

Ketika camping atau muncak sebenarnya bisa juga membawa makanan mentah seperti nasi, daging, telur dan bumbu yang biasanya dibawa oleh anggota pramuka atau pecinta alam.

Masak di puncak saat camping menjadi suatu kegiatan wajib yang seru dan menyenangkan. Saat ngecamp istirahat lalu masak-masak bersama teman-teman. 

Tapi terkadang ketika mau berangkat persiapan sedikit bingung mau membawa bekal makanan camping apa saja. Karena itu saya akan membantu memberi saran daftar makanan untuk camping di gunung yang bisa kamu persiapkan untuk di bawa.

Jenis makanan pendaki camping itu yang praktis, awet, dan sumber energi yaitu sumber karbohidrat, camilan, minuman, dan masakan.

Manajemen bekal agar tas tidak memberatkan menjadi sangat penting. Banyak kejadian terlalu banyak membawa bekal yang tidak perlu, sehingga memberatkan diri sendiri.

Kurangi jeni makakan yang menghabiskan air untuk memasak, seperti nasi dan masak sayuran. Di gunung jarang ada air, dan bekal air adalah salah satu yang bebannya berat. Makanan instan siap saji lebih praktis dan bisa sebagai makanan darurat untuk survival jika pendaki kesasar. 

Manfaat dan Hikmah Mendaki Gunung Sebagai Kegiatan Positif

Daftar Bekal Makanan untuk Camping di Gunung per Orang

1. Roti sobek

Ini adalah menu makanan yang praktis bisa kamu makan kapan saja, terutama saat di perjalanan membutuhkan asupan energi. Dengan harga yang cukup murah kamu bisa mendapatkan 1 bungkus roti yang bisa untuk dimakan beberapa kali, bahkan dibagi-bagikan ke teman.

Cukup bawa 1 saja untuk perjalanan 2 hari 1 malam, pilih rasa yang paling enak kamu suka, ada rasa coklat, strawberry atau keju.

2. Mie instan

Biasanya di gunung tidak terlalu sering masak dan makan, jadi siapkan 1-2 bungkus mie instan untuk 1 hari. Mie sangat praktis dimasak saat camping. Cukup dengan merebus kamu bisa memilih berbagai varian rasa yang disukai.

Selain mudah dimasak mie instan juga ringan dibawa di tas carier, tidak seperti beras. Tips agar makan mie  bisa lebih kenyang dan bergizi bisa ditambahkan telur dan sosis.

3. Telur

Telur jadi menu andalan para pendaki saat ngecamp untuk dimasak, digoreng atau dicampurkan mie instan. Tapi perlu hati-hati untuk membawa telur. Caranya bisa dimasukkan di wadah khusus telur di dalam beras.

Bawa 2-3 butir saja untuk masak 2-3 kali saat ngecamp istirahat. Biasanya masak saat malam dan pagi hari untuk sarapan di gunung. 

Telur sangat fleksibel bisa dimasak bersama mie rebus, lauk nasi, atau dibuat omlet dengan mie goreng juga cukup mudah.

4. Biskuit atau snack kemasan

Bawa beberapa biskuit kemasan yang harganya 2000 an seperti wafer, roti, nabati, kacang atom dan sejenisnya. Ini bisa menjadi makanan saat di perjalanan muncak dan turun.

Bawa 10-20 bungkus, sebagai jaga-jaga sebagai bekal survival jika terjadi hal yang tidak di inginkan seperti kesasar atau hilang. 

Biskuit kemasan ini awet dan dibungkus rapat di dalam plastik sehingga cocok sebagai bekal dan makanan survival. Selain itu kandungan kalori yang tinggi bisa untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh.

5. Sosis siap makan

Sosis menjadi pilihan makanan favorit untuk camping karena bisa dimasak saat di tenda camp, dimakan di perjalanan, rasanya gurih enak dan mengeyangkan. Bawa jenis sosis instan sesuai kesukaan kamu, secukupnya saja.

Sosis instan juga bisa menjadi makanan survival, karena terbungkus dan awet.

6. Susu atau kopi sachet sesuai selera

Minuman wajib yang harus dibawa oleh pendaki sebagai minuman hangat di gunung. Pilih sesuai selera kamu lebih suka susu atau kopi.

Kalau saya lebih suka kopi, ada berbagai macam susu sachet dan kopi instan yang bisa kamu pilih sesuai selera. Atau kamu bisa juga membawa keduanya jika ingin variasi minuman saat ngecamp.

Bawa 5-7 sachet untuk 2-3  hari camping, karena biasanya saat di tenda jika tidak tidur lebih sering membuat minuman hangat untuk menemani suasana di puncak.

10 Urutan Kopi Sachet Terenak dan Terlaris

7. Coklat

Bagi yang suka dan mungkin ingin tambahan energi dengan camilan ringan pada saat perjalanan naik gunung bisa membawa coklat seperti silverqueen atau dairy milk.

Perjalanan menanjak bagi banyak orang sering menguras energi, nah dengan makan coklat sedikit-sedikit pada saat perjalanan bisa mendapatkan energi instan dari gula manis di dalam coklat.

8. Minuman berenergi segar

Opsional bagi yang suka minuman berenergi bisa juga loh dibawa. Saya ga sekedar bawa minuman kopi atau susu tapi suka membawa nutrisari, atau kuku bima energi.

Pada saat perjalanan naik ke puncak pasti butuh minuman yang segar, karena suasana badan gerah karena perjalanan naik.

Masak - masak saat nge camp

Momen yang paling disukai pendaki saat camping atau muncak adalah ngecamp kemudian masak-masak. Dari bekal yang dibawa tadi bisa masak mie dengan telur, menggoreng sosis, dan membuat kopi hangat.

Bekal ini akan sangat memudahkan di kondisi yang serba terbatas. Alat masak kompor mini dan panci kecil.

Selain itu jangan lupa membawa obat-obatan pribadi seperti minyak, tolak angin, atau paracetamol. Karena tak jarang di kondisi cuaca yang dingin bisa pusing dan masuk angin.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara