7 Ide Menu Masakan Daging Sapi Selain Rendang Ini Lebih Mudah

Alifandofla.com - Ketika hari raya Qurban tiba-tiba mendapat pemberian daging sapi yang lumayan banyak, karena biasanya jarang masak, nah kali ini kira-kira mau dibuat masakan menu daging sapi apa selain rendang.

Memasak rendang daging sapi memang menjadi favorit mayoritas orang Indonesia, tetapi mungkin bagi sebagian orang kurang suka dengan proses masaknya yang lama dan bumbunya pun harus sempurna. Meskipun sekarang banyak bumbu rendang instan yang lebih memudahkan.

Ketika mencari menu masakan olahan daging sapi pasti selalu saja muncul rendang dimana-mana, maka dari itu di artikel ini akan kami bagikan menu masakan daging sapi selain rendang.

Kamu bisa baca dulu 2 Cara Mengempukkan Daging Sapi Cepat dan Mudah

1. Masak ala Teriyaki dan Yakiniku

menu daging sapi teriyaki

Bisa loh dibuat masak ala masakan Jepang teriyaki. Daging sapi dipotong tipis-tipis panjang berlawanan arah serat agar lebih empuk dan mudah dikunyah.

Beberapa bahan sekarang juga cukup mudah ditemukan seperti: saus teriyaki, saus tiram, kecap asin, lada hitam, minyak wijen dan bawang bombai.

Teriyaki lebih manis menggunakan saus teriyaki, sedangkan Yakiniku lebih asin menggunakan kecap asin. Jadi jangan salah pilih kamu lebih suka dominan rasa manis atau asin.

2. Tumis pedas

daging tumis pedas
Buat tumis pedas daging sapi juga sangat simple dan mudah. Caranya potong kecil-kecil daging sapi kemudian dimasak tumis dengan bumbu-bumbu mudah seperti bawang merah, bawang putih, kecap, cabe rawit, lada dan paling utama agar citarasanya enak adalah bawang bombai.

Jika khawatir daging kurang empuk, masukkan sedikit potongan nanas saat menumis agar daging sapi menjadi lebih empuk. Jangan berlebihan karena bisa membuat tekstur daging hancur.

3. Soto daging sapi

soto daging sapi
Menu satu ini sebenarnya akan lebih banyak disukai oleh satu keluarga, termasuk-anak kecil karena  biasanya mereka suka citarasa yang ringan dan berkuah seperti soto dibandingkan olahan dengan banyak rempah.

Membuat soto juga sangat mudah, kamu bisa memadukan bumbu alami dan bumbu instan agar lebih mudah saat memasak.  Jangan lupa siapkan sambal dan kecap sebagai pelengkap di saat menyantap soto.

4. Sup daging pedas

sop daging
Bumbunya hampir sama dengan masak sayur sup pada umumnya tapi ditambah cabe rawit dan daging sapi akan membuat aroma lebih harum dan mantab.

Kalau sup biasanya ditambah dengan tulang daging ayam agar ada citarasa kaldu, kalau ditambah daging sapi dan cabe akan membuat lebih enak.

Dimakan bersama nasi ditambah sedikit kecap dan pelengkap kerupuk atau tempe goreng.

5. Bumbu barbeque panggang

daging panggang bbq
Ingin makan daging sapi ala steak? kamu bisa coba masak hanya dengan bumbu barbeque dan mentega. Oleskan ke daging lalu dipanggang.

Tapi sebelumnya kamu harus mengempukkan daging sapi terlebih dahulu dengan cara membungkus dengan daun pepaya dan diamkan selama 3-6 jam. Atau olesi dengan irisan nanas terlebih dahulu

Jika tidak daging steak mu rentan keras saat dimakan.

6. Oseng mercon

oseng mercon daging
Menu masakan oseng mercon umumnya sering diolah adalah daging ayam, tetapi kamu juga bisa memasaknya menggunakan daging sapi loh.

Oseng-oseng khas kesukaan masyarakat Indonesia ini kaya akan rempah seperti sereh, lengkuas, dan dun salam serta rasa pedas yang dominan dari cabe rawit. Ketika matang sangat nikmat dimakan dengan nasi hangat.

7. Bumbu kecap

daging sapi bumbu kecap
Mungkin anda sedang berpikir memasak daging sapi agar si kecil juga mau makan, biasanya anak kecil kurang suka rasa pedas, nah bumbu kecap bisa menjadi pilihan.

Kecap merupakan bahan masakan yang bisa memberi cita rasa yang enak. Perpaduan bumbu dapur sederhana diberi kecap sudah bisa menjadi menu lauk yang enak.

Baca juga: Macam-Macam Lauk Pauk Sehari Hari yang Enak dan Mudah

Nah itu saja ide menu masakan daging sapi yang bisa kami bagikan, untuk resep dan cara memasak anda tinggal mencarinya di Google atau Youtube yang lebih jelas penjelasannya sesuai dengan menu yang sedang ingin anda masak.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara