Fakta Sebenarnya Ikan Pindang yang Sering Menjadi Lauk Makan

ikan pindang berasal dari

Alifandofla.com - Ikan pindang adalah salah satu jenis ikan yang mudah ditemukan di setiap pasar tradisional menjadi lauk makan banyak masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu. Iklan pindang bisa dimasak menjadi beberapa menu seperti sambal goreng, kuah kuning, dan digoreng polos dimakan sebagai lauk untuk bersama sayur asam dan sambal.

Mungkin kamu salah satu yang sering makan dan sempat berpikir bahwa jenis ikan pindang ini sebenarnya berasal dari jenis ikan apa.

Ikan pindang berasal dari jenis ikan salem atau makarel pasifik dan juga jenis ikan tongkol yang berukuran kecil merupakan jenis pelagis (ikan yang banyak berada di permukaan air) sehingga mudah dijaring oleh para nelayan.

Area lautan samudra pasifik memang paling banyak jumlah jenis ikan pelagis (tongkol dan makarel) yang tersebar sampai laut utara Indonesia. Sehingga banyak ditemukan oleh nelayan di laut Jawa.

ikan makarel

Arti ikan pindang

Adalah ikan yang sudah diolah dari berasal dari ikan segar melalui cara perebusan dan memberi garam kadar rendah agar lebih awet dalam jangka beberapa hari untuk di distribusikan dari pantai ke pasar-pasar di berbagai daerah.

Umumnya kemudian ditaruh pada besek anyaman bambu berukuran kecil. Jika dimasak tinggal dicuci kemudian digoreng rasanya sudah gurih. Selain gurih durinya juga sedikit, hanya dibagian tengah, samping dan ekor.

Kandungan gizi yang paling tinggi mengandung protein 45%, Vitamin A, Fosfor dan zat besi. Manfaat vitamin A dan zat besi sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan tulang dan produksi sel darah merah.

7 Jenis Ikan yang Sedikit Durinya


Cara masak gampang

Karena pindang ini memang sudah dimasak dan diberi garam sehingga sudah gurih, ketika ingin memasak tinggal dicuci lalu digoreng. Atau banyak yang memasak menjadi sambal goreng pindang.

Macam-Macam Lauk Pauk Sehari-Hari yang Enak

Beberapa menu ikan pindang favorit

  • Digoreng sebagai lauk sayur asem dan sambal
  • Sambal goreng
  • Kuah kuning

Itu saja penjelasan tentang ikan pindang semoga kamu menjadi lebih tahu dan lebih suka makan karena memang enak dan bergizi.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara