Latihan Mengubah Sifat Introvert Bisa Jadi Ekstrovert atau Ambivert

cara introvert jadi ekstrovert

Alifandofla.com - Saya punya pengalaman menarik karena punya kepribadian sangat introvert kemudian bisa menjadi ekstrovert atau ambivert (gabungan antara introvert dan ekstrovert).

Memang banyak yang merasakan ketika menjadi pribadi introvert itu ada sisi negatifnya, biasanya adalah soal komunikasi dan sosialisasi, sulit berkomunikasi dengan orang lain, pendiam, bahkan cenderung pemalu, sampai bersikap minder.

Orang introvert hanya bisa berkomunikasi lancar dengan teman dekat yang sudah kenal dekat. Tentu saja ini kurang baik jika dalam lingkup organisasi dan pekerjaan yang pada umumnya membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Orang Introvert

Dari pengalaman pribadi seorang Introvert bisa menjadi Ambivert sangat mungkin bisa sekali untuk dicoba

1. Menyalurkan Hobi Sebagai Konten Kreator

Ketika di lingkungan sosial kurang bisa berkomunikasi, di jaman sekarang bisa mulai dengan menjadi konten kreator di sosial media seperti Tiktok dan Instagram untuk menyalurkan hobi yang positif.

Misalnya ketika seseorang mempunyai hobi dengan main game, bisa sering membuat konten yang menarik dan bermanfaat, live streaming game di Tiktok, Facebook atau Instagram.

Jadikan motivasi untuk bekerja, mendapatkan penghasilan, dan meningkatkan kemampuan komunikasi.
Jadi bukan sekedar motivasi cara agar introvert bisa jadi ekstrovert, tetapi banyak hal positif terutama di karir dan penghasilan.


2. Mencari Teman untuk Membahas Hal Penting

Bisa dengan teman atau rekan kerja ketika ada tujuan pembahasan biasanya akan lebih mudah melakukan komunikasi dari sekedar ngobrol basa-basi tidak ada tujuan. 

Ngobrol panjang lebar kepada orang lain adalah kelemahan seorang introvert, karena sebab itulah mereka tidak suka nongkrong dan kumpul bersama teman-teman karena merasa pendiam.

Caranya adalah mulai mencari teman atau orang yang bisa diajak ngobrol membahas sesuatu yang penting.

3. Mencoba Menjadi Marketing

Bagi orang introvert menjadi marketing, menawarkan barang dagangan adalah sesuatu yang sulit, karena dasarnya punyta rasa malu dan minder yang besar.

Ketika pada kondisi menjadi marketing dan terpaksa harus berkomunikasi untuk menawarkan dagangan, ini bisa meleburkan mental malu untuk berbicara.

Orang-orang yang pandai berbicara dan berkomunikasi rata-rata punya kepribadian ekstrovert, jika orang introvert mau belajar untuk jualan dan komunikasi maka lama-lama akan terbiasa.

4. Telepon ke Calon Customer

Saya sangat merasakan ketika pertama kali menelepon customer rasanya sangat gerogi, karena saya seorang introvert yang tidak bisa banyak bicara, tapi hanya berlangsung sekali dua kali saja. 

Ketika sudah sering, ternyata telepon itu sesuatu yang asik akhirnya bisa sampai sering meeting dengan orang, dan suka ngobrol dengan orang baru (calon customer).

Cara Menghilangkan Sifat Introvert yang Negatif

Meskipun begitu sebagai orang introvert yang suka sendiri di depan laptop untuk main game, menulis, nonton film masih tetap ada. Tapi bisa menjadi lebih baik dan lancar dalam berkomunikasi, tidak pemalu dan tidak minder adalah hal yang sangat positif.

Mungkin hanya 3 itu pengalaman saya bagaimana yang awalnya seorang introvert yang susah bicara, pendiam, tidak suka ngobrol dengan orang jadi suka komunikasi dan otomatis bisa secara alami

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara