7 Alasan ASUS Vivobook 14X OLED Series Jadi Pilihan Terbaik

ASUS Vivobook 14X OLED Pilihan Terbaik

Alifandofla.com - Ketika kita mencari tipe laptop terbaik untuk kebutuhan kerja, atau mahasiswa yang bisa memenuhi kebutuhan dari segi spesifikasi, desain mewah, dan harga yang terjangkau, kita bisa memilih ASUS Vivobook 14X OLED Series, saya jamin jadi pilihan yang sulit digantikan dengan yang lain. 

Yes, ini laptop terbaik versi gue ! Pada pembahasan ini saya cukup lumayan tahu spesifikasi komputer dan laptop sejak tahun 2013. Saya juga pernah merakit sebuah PC komputer pribadi untuk kebutuhan kerja dan game.

Jadi setidaknya saya mengerti tentang spesifikasi penting seperti Ram, GPU, SSD hingga tipe-tipe Prosessor yang mungkin belum banyak diketahui oleh sebagian orang ketika memilih sebuah laptop.

Dalam penjelasan artikel ini saya lebih menekankan apa yang jadi keunggulan, untuk memilih laptop yang terbaik untuk di pilih saat ini.

Sedikit kilas balik, pengalaman soal laptop

Dulu saya bekerja di perusahaan divisi tim Digital Marketing di tahun 2019 - 2022. Setiap hari pekerjaannya membuat content, membuat kampanye iklan di dasboard FB Ads, Google Ads, Sosial Media dan beberapa tools SEO. 

Kebetulan saya difasilitasi kantor sebuah laptop keluaran tahun 2017, dengan spesifikasi RAM 4GB, hardisk 1 TB. Benar-benar sangat menghambat pekerjaan, bahkan sampai dasboard Fb Ads sangat berat dibuka dan beberapa tools sama sekali tidak bisa bekerja.

Ketika loading sampai ditunggu sambil ngopi dulu di luar, belum masalah grafis rendah yang juga menghambat ketika edit foto, tidak sanggup membuka banyak aplikasi dan tab browser.

Nah karena pengalaman tersebut saya akan membagikan tentang Laptop yang Terbaik itu seperti apa...

Tipe 14X Oled

Vivobook 14X OLED Cocok untuk Siapa Saja?

Mahasiswa
Kuliah, mengerjakan tugas, presentasi, praktek, dan skripsi harus didukung laptop yang spesifikasinya bagus, lancar, cepat, ramping, dan bobotnya ringan. 

Jelas bagi mahasiswa pasti akan sering membawa laptop kemana-mana, ditaruh di dalam tas beserta buku-buku kuliah sangat membutuhkan laptop ramping dan ringan. 

Pekerja Kantoran
Pengalaman pribadi saya pernah bekerja di salah satu kantor perusahaan di Jakarta. Hampir semua tim menggunakan Laptop dengan spesifikasi tinggi, minimal RAM 8GB - 16GB, storage SSD. 

Dua komponen ini sangat menunjang performa bisa cepat untuk menjalankan semua aplikasi ketika bekerja di depan laptop.

Digital Marketer
Pekerjaan saya kebetulan sebagai digital marketer yang setiap menjalankan dasboard Fb Ads Manager, Google Ads, Tiktok Ads Manager, dan SEO Tools, membuat konten sosial media dengan mengedit foto. 

Semua itu wajib menggunakan laptop dengan spesifikasi bagus. Selain itu juga membutuhkan bodi loptop ramping selalu mudah dibawa kemana-mana, seperti saat workshop, meeting, dan pitching project dimana saja.

Internet Marketer
Sekarang jamannya internet marketing bisa bekerja dari mana saja secara online seperti freelancer, blogger, vlogger, influencer, dan affiliate marketer.

Kemampuan laptop dengan spesifikasi yang bagus sangat diperlukan agar menunjung pekerjaan ketika menulis, mengedit, desain, membuat konten, dan mengakses dasboard kreator.

ASUS Vivobook 14X OLED bisa menjadi pilihan terbaik sesuai kebutuhan kamu dengan berbagai keunggulan yang akan saya jabarkan di bawah ini: 


Keunggulan ASUS OLED

Kelebihan Asus OLED
Organic light-emitting diode (OLED) atau dioda cahaya organik adalah sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED digunakan dalam aplikasi tampilan layar atau sensor.

Laptop ASUS OLED adalah tipe laptop dengan kualitas tampilan layar terbaik di kelasnya. Menawarkan tampilan warna yang lebih nyata sehingga sangat cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan visual yang profesional. 

Layar OLED, sifat senyawa pemancar cahaya organik yang dapat mengurangi cahaya biru yang berbahaya hingga 70% dibandingkan layar LCD biasa, menjadikannya lebih nyaman di mata Anda untuk mengurangi risiko kerusakan retina.

Intinya OLED adalah seri laptop dengan tampilan layar profesional dan lebih aman di mata penggunanya.


Mengapa Pilih Vivobook 14X OLED

Ada banyak tipe ASUS seperti Zenbook dan Vivobook dengan berbagai macam kode yang sering menjadikan agak bingung ketika memilih. Oleh sebab itu saya akan membahas lebih spesifik khusus (Vivobook 14X OLED).

Vivobook adalah seri laptop tipis ASUS dibawah tipe Zenbook. Dengan pertimbangan harga yang masih terjangkau dengan spesifikasi cukup tinggi untuk digunakan berbagai kebutuhan.

Bagi orang awam mungkin jarang yang sadar apa itu kode 14, itu adalah kode ukuran layar, biasanya jenis layar 14, 15, dan 16. 

Kode 14X menandakan ukuran tampilan layar 14 inci, menurut saya adalah ukuran paling umum dan paling pas digunakan, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

spesifikasi Vivobook 14X OLED

Sebelumnya, saya akan menjelaskan secara singkat tentang spesifikasi laptop yang harus diperhatikan ketika mempertimbangkan untuk memilih yaitu : Prosessor, Grapichs, RAM, dan SSD yang ada di seri Vivobook 14X OLED.

Spesifikasi Laptop Penting untuk Diperhatikan

1. Prosessor
Prosessor atau CPU (Central Prosessing Unit) adalah mesin sentral untuk memproses seluruh komponen unit sebuah komputer atau laptop saat digunakan. Prosessor adalah otak atau mesin utama sebuah laptop. Ada dua tipe merek prosessor yaitu:

Intel
Kita pasti sudah tahu ada nama-nama Intel seperti: Celeron, Pentium, Core i3, i5, i7 sampai i9. Semakin tinggi maka semakin bagus performanya untuk menjalankan mesin laptop. 

Tahukah kamu tentang sebutan gen atau generasi? 

Ada gen 10, 11, 12, hingga yang terbaru adalah 13. Generasi intel sering dikenal sebagai kode pembaruan, rilis atau upgrade. Secara mudah untuk dipahami bahwa gen 11 itu upgrade untuk tahun 2021, gen 12 untuk tahun 2022, dan gen 13 pada 2023. Biasanya semakin generasi baru semakin bagus mesin prosessornya

AMD Ryzen
Prosessor yang juga sama menggunakan kode seri pembaruan, bagi yang tahu ada seri 3000, 4000, 5000 dan terbaru adalah 7000. Semakin tinggi seri juga menandakan semakin baru dan bagus pada spesifikasi sebuah laptop. 

komponen laptop

2. Graphics / GPU
Komponen penentu grafis layar, digunakan untuk tampilan visual yang berkualitas bagus dari segi warna dan gerakan seperti ketika digunakan bermain game.

Soal graphics yang paling sering kita ketahui umumnya NVIDIA dan AMD Radeon. Sekarang ada Intel Iris Xe. Akan sedikit saya jelaskan dua jenis graphics berikut ini

Intel Iris Xe dari Intel dan Radeon Vega 7 dari AMD. Kualitas kedua grafis ini hampir sama, termasuk dalam kelas menengah dari jenis graphics saat ini. Dari beberapa sumber yang saya peroleh untuk nilai kualitas dari 1 sampai 10 mendapat nilai 7,5 setara dengan NVIDIA GTX 1050.

3. RAM
Random Access Memory menjadi faktor pertimbangan utama, karena hampir semua pekerjaan sebuah laptop pasti membutuhkan RAM. 

Secara mudah untuk memahami fungsinya yaitu ketika menjalankan aplikasi, folder, hingga game. Semakin tinggi RAM laptop akan semakin cepat juga ketika diakses.

RAM 8GB untuk saat ini adalah standar minimal untuk bisa menjalankan aplikasi secara lancar. Sedangkan jika dijadikan 16GB memastikan jauh lebih lancar jaya, kemungkinan tanpa ada lag ketika menggunakan laptop.

4. SSD NVMe
Solid state drive ini adalah teknologi storage penyimpanan semua data pada laptop atau komputer. Dulu dikenal sebagai hardisk. Sekarang ini menggunakan tipe SSD sudah wajib karena lebih tahan dan cepat.

SSD menentukan beberapa hal seperti kapasitas penyimpanan, seberapa cepat transfer data, mengcopy paste, dan membuka tutup folder.

NVMe (Non-Volatile Memory Express) dapat membuat akses memori menjadi lebih cepat dari tipe SSD SATA jenis terdahulu.

Mengapa ASUS Vivobook 14X OLED Bisa Jadi Pilihan Terbaik?

1. Desain Keren dan Elegan

Kita pasti setuju ketika memilih sebuah barang, model dan penampilan akan jadi yang pertama kali dilihat. Sehingga desain yang elegan enak dipandang jadi pertimbangan memilih laptop saat ini. 

Saya yakin banyak yang akan setuju bahwa ASUS Vivobook 14x OLED ini termasuk mewah, keren dan elegan dengan harga di kelasnya.

Ada banyak pilihan warna silver, black, dark blue, cosmos blue yang sangat cocok untuk karakter dewasa untuk jadi laptop dibawa kerja atau kuliah.
Desain Asus 14X Oled
Buat teman kerja jaman sekarang bisa dimanapun, di kantor, di cafe, di coworking space, atau saat mengerjakan tugas kuliah di cafe jelas bakal nyaman dan pede kalau desain laptop sekeren ini.


2. Spesifikasi Performa Tinggi, Body Standar Military

Asus Vivobook Performa
Perpaduan prosessor generasi terbaru Ryzen 5, 7 atau Intel generasi 12 dan 13, RAM 8 - 16 GB, storage SSD NVMe jelas memberikan performa tinggi. Bahkan untuk spesifikasi ini sudah bisa dibilang standar laptop gaming.

Bagi yang tahu spesifikasi laptop buat standar kerja sudah jelas kenceng sat set ketika dibuka dari tombol start sampai nyala kurang dari 10 detik.

Mau dipakai kerja dadakan, presentasi, dibawa rapat meeting ga bikin pusing nunggu loading.  Dengan spesifikasi begini dengan harga masih 10 jutaan itu asli worth it banget.

Asus US Military

Spesifikasi tinggi juga dilengkapi dengan daya tahan body sudah standar militer mendapatkan sertifikat US MIL-STD 810H , artinya bisa dibawa perang, aman dan tahan dari guncangan saat dibawa lari atau ketika terjatuh dari pegangan.

3. Ramping Dibawa Kemana-Mana, Baterai Tahan Lama

ukuran Asus Vivobook 14X Oled
Layar yang sudah full dengan bezel pinggir yang tipis sehingga membuat ukuran laptop lebih ramping. Dimensi Panjang x Lebar x Tebal : 31.71 x 22 x 1.9 cm, berat ringan kurang lebih 1,5 Kg.

Tidak akan berat jika dibawa kemana-mana, dengan spesifikasi yang tinggi lalu ukuran dan berat tergolong ringan, jadi benar-benar nyaman ketika dibawa untuk kerja atau kuliah.

Rata-rata untuk pemakaian kerja dengan koneksi wifi baterai bisa tahan sampai 8-10 jam, ini sudah sangat bagus. Jadi tidak perlu bingung colokan charger ketika mau kerja atau mengerjakan tugas di luar rumah atau kantor.

4. Tipe Prosessor Sangat Memuaskan

Dalam memilih laptop itu penting mempertimbangkan prosessor generasi terbaru karena pasti secara performa akan lebih baik dari generasi sebelumnya.

Prosessor ibarat otak atau mesin utama sebuah laptop yang berhubungan dengan semua komponen, sehingga benar-benar menjadi tolak ukur kualitas laptop.

Satu contoh untuk ASUS Vivobook 14X OLED seri M1403QA dengan Processor : AMD Ryzen™ 5 5600H mendapatkan score yang sangat tinggi. Ini benar-benar worth it banget untuk harga masih 10 jutaan.

AMD Ryzen™ 5 5600H
Sumber: versus.com

Dengan nilai seperti ini rasanya benar-benar lebih dari cukup untuk menilai Prosessor yang diberikan untuk ASUS Vivobook 14X OLED.
Prosessor adalah mesin utama sebuah komputer atau laptop, jika kualitasnya bagus tentu akan sangat menunjang performanya 


5.  Dilengkapi Windows 11 Home dan 
 Office Home and Student 2021

"Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas kamu sepanjang hari."
Ms Office

Sudah lengkap dengan Microsoft Office untuk kepentingan tugas seperti Ms Word, Excel, dan Power Point sehingga lebih tenang dan nyaman tidak perlu lagi membeli dan instal.

Setahu saya untuk seri ASUS Vivobook 14X OLED berbagai tipenya sudah dilengkapi Ms Office Home anda Student jadi pokoknya tinggal pakai lancar jaya.

6. RAM 16 GB dan Storage SSD NVMe

Rasanya sudah ga perlu khawatir lagi dengan RAM 16 GB sudah sangat bagus untuk sekelas laptop kerja dan kuliah. Bahkan setahu saya RAM 16 GB sudah cukup untuk sekelas spesifikasi gaming.

Kemudian memori penyimpanan SSD sudah seharusnya untuk laptop masa sekarang, apalagi sudah cukup besar 512 GB - 1 TB. 
Kualitas SSD sangat menentukan agar laptop lancar digunakan tidak mudah crash atau ngadat. Cepat loading saat membuka folder, copy, pindah, atau menyimpan file.
RAM sangat penting agar akses laptop cepat dan lancar menggunakan aplikasi, saat membuka tutup tab dan browsing dalam jumlah banyak.

NVMe atau Non-Volatile Memory Express adalah cara super cepat untuk mengakses memori yang stabil. Ini bisa sekitar 2-7x lebih cepat dari SSD SATA.

7. Harga Worth It dengan Spek yang Tinggi

Untuk spesifikasi yang nyaris sempurna seperti ini dulu hanya ada pada laptop dengan harga 15 juta ke atas. Sedangkan ASUS Vivobook 14X OLED ada beberapa pilihan ini mulai dari 9,5 jutaan saja.
  • Vivobook 14X OLED (M1403) mulai dari Rp 9.499.000
  • Vivobook 14X OLED (A1403) mulai dari Rp 10.999.000
  • Vivobook 14X OLED (A1405) mulai dari Rp 13,299,000
  • Vivobook 14X OLED (K3405) mulai dari Rp 13.999.000
Jika memang ingin laptop dengan kualitas yang memuaskan untuk digunakan jangka panjang mending cari yang diatas 10 juta, sedangkan untuk harga dibawah 10 juta biasanya untuk pelajar sekolah sekedar mengerjakan tugas-tugas ringan.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara