Banyak Manfaat dan Kelebihan Kurma untuk Buka Puasa

kelebihan kurma untuk buka

Berbuka puasa dengan kurma merupakan anjuran dan sekaligus mencontoh Rasulullah. Selain mengikuti buka puasa seperti Nabi, sebenarnya juga punya banyak manfaat bagi kesehatan yang seharusnya sudah banyak diketahui.

Dalam dunia kesehatan ketika dalam waktu yang lama tidak makan seperti pada saat puasa, ketika makan atau berbuka ada lonjakan hormon pengatur gula darah. Lonjakan hormon ini ada yang cepat dan ada yang pelan-pelang tergantung dari kadar gula dalam sebuah makanan yang biasa disebut Indeks Glikemik.

Yuk Buka Puasa Seperti Rasulullah


Kurma adalah makanan sumber gula tanpa diolah
Makan makanan mengandung gula saat berbuka baik untuk memberikan energi dalam tubuh. Tetapi kebanyakan makanan yang disajikan serba olahan seperti gula dalam minuman, roti dan biskuit, dan segala macam masakan.

Makanan yang tidak diolah seperti buah segar itu baik untuk pencernaan kaya akan nutrisi dan serat yang bermanfaat bagi tubuh. Makanan yang diolah banyak berkurang kadar gizinya dan mengandung kolesterol tinggi dari minyak dan santan.

Makan kurma saat berbuka akan memberikan energi untuk tubuh dengan sumber makanan yang alami dan segar tanpa hasil olahan.

Kurma banyak manfaat yang bergizi
Banyak manfaat yang didapatkan dari kurma yang mengandung nutrisi berbagai macam vitamin seperti folat, vitamin B, vitamin K, mangan, dan beragam jenis antioksidan, termasuk lutein dan flavonoid.

Selain itu juga dikenal sangat bermanfaat menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus sehingga membantu menyehatkan pencernaan.

Baik untuk hormon pengatur gula darah
Kurma mempunyai nilai indeks glikemik sedang yang tidak akan menyebabkan lonjakan hormon ketika berbuka puasa.

Menjaga kadar gula itu bukan untuk yang menderita diabetes saja, tetapi semua orang agar tubuhnya tetap sehat tidak terkena penyakit gula.

Sehari dari selesai sahur hingga adzan mahgrib tubuh puasa dan hormon tidak bekerja. Ketika tiba-tiba makan makanan tinggi gula maka akan terjadi lonjakan yang kurang baik jadi penyebab kerusakan hormon penyakit gula.


Mudah dan simple untuk dimakan
Berbuka dengan kurma dan air putih ketika adzan mahgrib sangat mudah dan sederhana, tidak perlu ribet mencari atau memasak berbagai menu seperti es buah, kolak dan lain sebagainya.

Makan 3 biji kurma dan minum air putih sudah cukup untuk membatalkan puasa lalu bersegera untuk menjalankan sholat magrib.


Membiasakan setiap berbuka dimulai dengan makan kurma dan air putih. Baru setelah sholat magrib bisa menikmati makanan dari berbagai menu yang dihidangkan atau apa yang diinginkan.

Cara ini sangat baik untuk kesehatan terlebih juga mengikuti apa yang dilakukan Rasulullah ketika berbuka puasa.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara