Hukum Puasa dengan Niat Diet itu Tidak Tepat

 puasa dengan niat diet

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi kamu muslim itu berdasarkan anjuran ayat Al Qur'an untuk bertaqwa kepada Allah. Kegiatan puasa seringkali bisa menurunkan berat badan dan menimbulkan rasa atau niat puasa untuk diet.

Perintah puasa dalam Al Qur'an:

“Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu. (Berpuasa) agar kamu bertakwa.” (QS: Al Baqarah ayat 182)

Bagi orang beriman menjalankan puasa karena niat bertaqwa kepada Allah, menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. 

Puasa itu menahan haus dan lapar, menahan diri dari perbuatan dosa dan maksiat yang semata-mata untuk mendapatkan ridho Allah, puasa untuk mendapatkan pahala dari Allah.

Bagaimana jika puasa disertai dengan niat diet?

Belum  ada riwayat hadist tentang hal ini, tetapi ada riwayat tentang sebuah niat. Sebaiknya niatkan puasa hanya untuk mencari pahala di sisi Allah, bukan niat lain seperti puasa agar turun berat badan.

Berlandaskan hadits Nabi:   

“Dan bagi tiap-tiap orang hanya mendapat pahala sesuai yang ia niatkan” (HR al-Bukhari).

“Imam Syafi’i dan para muridnya berkata; tidak sah puasa Ramadhan, qadha, kafarat, nadzar, fidyah haji, dan puasa wajib lainnya kecuali dengan menentukan niat, karena hadits Nabi: Dan bagi tiap-tiap orang hanya mendapat pahala sesuai yang ia niatkan.

Mari niatkan puasa mulai dari makan sahur hingga berbuka untuk mencari ridho Allah.

Begini Cara Buka Puasa seperti Rasulullah


Luruskan niat saat puasa

1 Bulan dengan kesempatan emas untuk mencari pahala, berfikir dan berniat ikhlas beribadah karena Allah. Karena belum tentu amal kita diterima dan menjadi pahala.

Pada saat menjalankan puasa Ramadhan kita tahu salah satu manfaatnya adalah menjadikan badan lebih sehat dan bisa turun berat badan karena puasa selama 1 bulan tidak makan dan minum pada siang hari..

Karena itu seringkali saat puasa ada yang juga berniat sekalian diet menurunkan berat badan. Bagaimana jika pemikiran ini terjadi pada kita.

Puasa bukan sekedar menahan lapar dan haus tetapi juga menahan diri dari perbuatan dosa dan maksiat, waktu terbaik banyak beramal untuk mencari pahala. 

Tanpa niat diet, jika kita menjalankan puasa dengan baik dan pada saat malam hari makan tanpa berlebihan, sudah pasti dalam sebulan akan turun berat badan.

Lakukan diet sebelum dan sesudah puasa ramadhan

Jika kita punya kelebihan berat badan dan ingin menurunkan, lebih baik menjalankan diet segera mungkin dan dilakukan secara konsisten.

Banyak sekali cara menjalankan diet sehat tanpa harus pada saat menjalankan ibadah puasa.

Salah satu cara dengan puasa 18 jam tetapi boleh minum adalah diet intermittent fasting, cara ini banyak sekali yang menggunakan karena cukup mudah dan cepat hasilnya.

Diet itu sangat fleksibel banyak cara sesuai dengan apa yang cocok dengan kita, rugi rasanya jika ketentuan menahan lapar dan haus dari mulai sahur hingga magrib tidak diniatkan karena Allah.

Kecuali memang dari hari-hari sebelum waktu ramadhan kita sudah menjalankan diet, dan ada rasa sedikit dalam hati saat puasa bisa turun berat badan, tetapi bukan karena niat diet saat puasa.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara