Tips Mudah Pola Makan Sehat di Jaman Sekarang

pola makan sehat

Menerapkan pola makan sehat di jaman sekarang jauh berbeda dengan jaman dahulu. Jaman sekarang banyak sekali makanan instan dan jajanan yang membuat gaya pola makan yang kurang sehat. 

Saya ingin mengajak untuk mulai sedini mungkin untuk bisa mengatur pola makan agar hidup menjadi lebih sehat.

Ada banyak hal yang bisa kita lihat di sekitar, bahkan termasuk kita sendiri ketika makan sehari-hari. Bahwa apa yang selalu kita makan itu sebenarnya kurang sehat. Tetapi karena lingkungan dan selera yang memicu pola makan kurang sehat tetap terus dilakukan. 

Jajan adalah kebiasaan yang lumrah atau wajar di era sekarang ini, mulai dari anak-anak hingga dewasa suka jajan. Tak terhitung berbagai macam jenis jajanan ada di warung dan dijual oleh para pedagang di pinggir jalan.

Gorengan, cilok, cimol, piscok, cireng, bakso bakar, roti, biskuit dan beraneka macam jenis minuman ada di sepanjang jalan yang ramai.

Hindari Penyebab Sulit Menerapkan Pola Makan Sehat

Jika harus mengikuti standar hidup sehat yang umum dilakukan, atau saran dari pakar kesehatan terkadang sulit. Bagi saya pribadi lebih baik menerapkan dengan menyesuaikan keadaan masing-masing pribadi.

Misalnya kita suka jajan cilok atau bakso

Akan sulit jika dilarang untuk menghindari, tapi mungkin bisa kalo jajan 3 hari sekali atau seminggu 2 kali jajan bakso. Di hari lain makan yang lebih sehat

Saya sendiri sudah menerapkan ketika menjalankan diet, lebih bagaimana bisa enjoi dan mudah menjalankan pola makan yang sehat dan bisa menurunkan berat badan.

7 Kunci Pola Makan Sehat

  1. Makan nasi 1-2 kali sehari saja.
    Di era sekarang bagi yang berat badannya berlebih seperti saya harus mengurangi makan dengan porsi kecil. Selain itu, mengurangi asupan nasi kita punya kesempatan menambah kalori dari makanan lain

  2. Selalu makan sayur setiap hari.
    Sayur punya manfaat yang baik untuk pencernaan dengan kandungan serat dan vitamin. Usahakan ada sayuran meskipun itu hanya lalapan timun atau kol. 

  3. Makan buah sehari sekali
    Seminimal mungkin misalnya saja jeruk satu buah, apel atau pepaya satu potong sudah cukup bagus.

  4. Minum air putih minimal 2 liter sehari
    Air sangat penting sekali agar ginjal selalu sehat dan tubuh terhidrasi dengan baik

  5. Kurangi makan gorengan
    Tidak harus menghindari karena gorengan itu memang enak, cukup jumlahnya dikurangi misalnya sehari cukup 1-2 biji. Atau lebih baik lagi jika bisa 3 hari sekali saja

  6. Atur jadwal jajan kurang sehat
    Misalnya jajanan seperti cilok, telur gulung, bakso, mie ayam, bakmi, mie instan, atau martabak. Boleh jajan misalnya seminggu 2 kali atau saat weekend

  7. Membatasi minuman manis
    Mengurangi beli minuman kemasan diganti dengan air putih. Membatasi kebiasaan minum kopi, thai tea, boba dan sejenisnya maksimal 1 - 2 kali sehari saja.

Tetap bisa makan enak tanpa ada pantangan rasanya akan lebih mudah menjalankan


Makan sayur dan buah setiap hari

Kebiasaan baik dan sehat ini di jaman sekarang sudah mulai banyak orang malas melakukan, banyak kalangan anak dan remaja bahkan tidak mau makan buah dan sayuran.

Jika makan mereka lebih suka jenis mie instan, telur goreng, bakso, ayam goreng dengan saos dan merasa enggan makan lalapannya.

Padahal pencernaan membutuhkan serat untuk melancarkan proses pembuangan sisa makanan sehingga lebih lancar buang air besar.

Perlu waspada jika 2 sampai 3 hari baru buang air besar, seharusnya adalah sehari sekali karena umumnya makanan diproses dalam lambung dan usus selama 12-24 jam saja.

Kekurangan asupan sayuran membuat sisi-sisa makanan masih menempel pada usus yang seringkali bisa menjadi sumber penyakit, lemas dan capek.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara