8 Menu Masakan Khas Lebaran di Indonesia Kamu Suka Apa?

Hari raya Idul Fitri atau lebaran merupakan momen setahun sekali setelah sebulan menjalankan puasa Ramadhan. Hari-hari dimana para keluarga dan saudara berkumpul bersama, saling silaturahmi sehari hingga beberapa hari setelah menjalankan Sholat Idul Fitri.

Kumpul keluarga selalu menjadi waktu yang menyenangkan dan diisi dengan acara makan bersama. Ada beberapa menu masakan khas lebaran masyarakat Indonesia yang jadi favorit kita semua

Selain masakan ada juga jajanan lebaran disajikan di atas meja ruang tamu sebagai sajian cemilan untuk para tamu yang datang.

9 Ide Jajanan Lebaran Anti Maenstream

mehu masakan lebaran

1. Ketupat sayur

Ketupat adalah makanan khas orang Indonesia khas menjadi tanda hari Raya Idul Fitri. Berbahan beras yang dibungkus di dalam anyaman daun kelapa muda kemudian direbus, ketika matang disebut ketupat. 

Ketika matang akan menjadi nasi mirip lontong dengan sedikit rasa khas dari daun kelapa. Kemudian dimakan bersama sayur kentang dengan  kuah santan dengan tambahan lauk ayam goreng. Atau dimakan bersama dengan opor ayam.

2. Opor Ayam

Opor ayam adalah masakan tradisional Indonesia biasa disajikan pada hari raya Lebaran atau acara keluarga. Opor ayam terbuat dari ayam dimasak dalam kuah santan kental dengan berbagai macam bumbu rempah, sehingga memiliki cita rasa yang lezat dan gurih.

Nasi putih disajikan dengan opor ayam ditambah lauk-pauk lain seperti kerupuk dan tempe goreng. Ciri khas opor ayam, kuah santan kental warna kuning yang mempunyai rasa lebih nikmat.

3. Ayam Goreng

Selain dimasak rendang, menu ayam saat lebaran juga ada varian yang digoreng. Ayam goreng khas Lebaran ini biasanya disajikan sebagai hidangan utama dalam dalam menu makanan di rumah-rumah saat berkumpul bersama keluarga dan saudara.

Dimasak dengan bumbu-bumbu rempah seperti bawang putih, ketumbar, dan kunyit. Bumbu ini dapat meresap ke dalam daging ayam dan memberikan cita rasa yang kaya pada ayam goreng.

4. Soto 

Bagi yang bosan dengan menu kuah santan kental ada keluarga yang suka memilih masak soto kuah bening. 

Saat lebaran lebaran disajikan dengan pelengkap seperti mie kuning atau bihun, tauge,bisa dimakan dengan nasi, ketupat atau lontong. Dimakan ditambah pelengkap sambal, kecap dan jeruk nipis.Soto memang sangat disukai masyarakat Indonesia dan sering disajikan.

9 Jenis Soto Indonesia Sesuai Daerah Asalnya

5. Sambal Goreng Ati

Tambahan menu lauk hidangan hari Raya yang sering disajikan adalah sambal goreng ati. Biasanya disajikan sebagai hidangan lauk pendamping nasi putih. 

Sambal goreng ati khas ini banyak yang suka karena rasanya yang gurih dan pedas, dan seringkali disajikan sebagai hidangan khas di acara-acara spesial seperti Lebaran, pernikahan, atau acara keluarga besar.

Selain hati ayam, sambal goreng ati juga dapat dibuat dengan menggunakan organ ayam lainnya seperti jantung atau usus. 

6. Rendang Ayam

Banyak orang Indonesia yang suka makanan menu rendang sapi atau ayam. Saat lebaran menyajikan rendang ayam lebih cocok jika dimakan dengan nasi dan kuah opor, atau bisa juga dimakan langsung hanya dengan nasi hangat.

Rendang ayam memiliki cita rasa yang kaya dan kompleks, dengan rasa gurih, pedas, dan manis yang menyatu dengan sempurna. Rendang sebagai salah satu hidangan nasional Indonesia dan telah diakui dunia sebagai salah satu hidangan masakan enak.

7. Lontong Sayur

Ketika mencari ketupat sulit bisa juga menggunakan alternatif lontong, beras yang dibungkus dengan daun pisang. Hasilnya sama dengan ketupat yaitu lontong yang empuk kemudian dipotong-potong dimakan bersama opor ayam.

Di Jakarta setiap pagi pasti banyak yang suka sarapan lontong sayur, begitu juga di hari Raya Lebaran menyajikan lontong sayur spesial dipadukan opor ayam.

8. Sop Iga Sapi

Karena sudah bosan dengan menu masakan ayam, sekali-kali masak menu daging sapi ketika lebaran. Menjadi menu makan keluarga besar yang spesial dimasak dengan bumbu rempah lengkap.

Ada yang suka dimasak kuah segar kemudian dicampur sambal kecap, ada suka sop iga sapi dimasak kuah santan kental rasanya gurih. Perlu sedikit keahlian untuk bisa membuat daging sapi empuk dan lembut di mulut saat disantap.


Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara