Aplikasi Kasir Jowara

7 Contoh Minuman Fungsional dan Manfaatnya

Kita pasti sudah mengenal banyak sekali jenis minuman yang sudah biasa kita minum sehari-hari seperti air mineral, teh, kopi dan minuman kemasan. Diantara berbagai banyak jenis minuman tersebut ada yang jenis minuman fungsional yang punya nilai manfaat bagi manusia selain dari sekedar untuk meredakan haus dan memenuhi kebutuhan cairan.

Minuman fungsional adalah minuman yang mengandung bahan-bahan aktif yang dapat memberikan manfaat selain fungsi dasar sebagai sumber hidrasi. Bahan aktif yang terkandung dalam minuman fungsional dapat berupa vitamin, mineral, serat, probiotik, prebiotik, antioksidan, dan bahan lain yang dipercaya memiliki efek positif pada kesehatan.

jamu minuman fungsional

Contoh-contoh minuman fungsional

1. Jamu

Minuman ini dikenal oleh masyarakat sejak jaman dahulu. Diminum dengan tujuan untuk menyembuhkan suatu penyakit dan menyehatkan tubuh. Orang minum jamu bukan sekedar minum, tetapi punya tujuan untuk masalah kesehatan.

Beberapa jenis jamu antara lain seperti beras kencur, kunyit asam, temulawak, jahe merah, dan pahitan biasanya terbuat dari daun pepaya yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan dan menjadikan bedan sehat.

2. Jahe hangat

Orang ketika minum jahe hangat biasanya punya tujuan tertentu. Nah inilah yang disebut fungsi dari minuman, yaitu fungsi jahe hangat dapat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan meringankan demam.

Jahe hangat dicampur dengan gula merah atau madu mudah ditemui di penjual angkringan atau daerah dingin pegunungan. Karena minum jahe dapat berfungsi untuk menghangatkan tubuh.

3. Kopi hitam dan teh

Orang jaman dulu sudah mulai minum kopi hitam dan teh. Kedua minuman ini sama-sama mengandung kafein dan bahan lain untuk meningkatkan energi dan fokus pada fisik. Karena itu banyak orang minum kopi atau teh di pagi hari untuk memulai aktifitas.

Kopi dengan kandungan kafein berfungsi meningkatkan energi, membuat tubuh lebih bersemangat sehingga juga sering menjadi minuman untuk mengatasi ngantuk.

Ini Rahasia Kopi Pahit untuk Diet

4. Minuman Elektrolit

Adalah minuman olahraga yang mengandung elektrolit untuk membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang selama aktivitas fisik.

Contoh merek paling terkenal adalah Pocari Sweat, minuman ini sengaja diciptakan oleh Otsuka Pharmaceutical untuk memenuhi kebutuhan ion tubuh secara cepat saat berolahraga.

5. Yogurt

Minuman yang dihasilkan dari fermentasi susu dengan bakteri asam laktat, yang menghasilkan tekstur kental dan rasa asam yang khas.

Yogurt mengandung bakteri baik (probiotik) yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Probiotik dalam yogurt dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, dan sindrom iritasi usus.

6. STMJ (Susu Madu Telur Jahe)

Minuman khas Indonesia yang popoler di kalangan masyarakat dan bisa ditemui di penjual kaki lima saat malam hari. STMJ mengandung bahan-bahan seperti madu dan jahe yang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

Mengandung kalsium dan protein yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Jahe yang terkandung dalam STMJ diketahui dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Minuman campuran susu madu telur dan jahe ini memang diminum dengan tujuan mendapatkan manfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik.

7. Infused water

Adalah minuman dari berbagai campuran potongan buah yang direndam dalam air lebih dari 6 jam. Tujuan infused watur adalah minuman yang kaya akan vitamin dari larutan buah.

Fungsi minuman infused water adalah bisa mendapatkan vitamin sekaligus dari beberapa buah-buahan yang dilarutkan di dalam air pada botol. Ada berbagai macam campuran seperti jeruk, lemon, nanas, strawberry, kiwi, hingga semangka.


Kesimpulan
Jadi beberapa jenis minuman yang dimunum dengan tujuan tertentu, mempunyai fungsi dan manfaat tertentu bisa dikatakan jenis minuman fungsional termasuk vitamin C, Larutan Penyegar dan lain sebagainya.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama