Ini Manfaat Besar Gelar Sarjana Bukan Sekedar Dapat Kerja

manfaat gelar sarjana

Ketika seorang lulusan sekolah menengah atas dan sejenisnya memutuskan untuk kuliah, sebagian besar pasti akan berpikir tentang pekerjaan apa yang nanti didapatkan setelah lulus menjadi sarjana. Setelah lulus mendapatkan gelar sarjana nanti mau bekerja dimana dengan gaji berapa.

Pemikiran ini memang benar sekali, tetapi cara pikir seperti ini juga yang menyebabkan banyak remaja enggan kuliah. Dengan alasan, untuk jadi sukses gak perlu gelar sarjana.

Iya itu memang benar, tetapi kamu harus tahu ada manfaat kuliah yang jauh lebih bernilai jangka panjang untuk kehidupan.

Tiga hal utama yang sebenarnya penting dalam dunia kuliah yaitu

  • Ilmu yang diperoleh di kampus
  • Teori dan praktek di bidang jurusan
  • Gelar sarjana
Tidak semua orang bisa punya kesempatan kuliah, maka dari itu jika kamu punya kesempatan, lebih baik mengambil kuliah di jurusan yang paling cocok dan kamu suka.
Bukan soal kampus tempat kuliah, yang berharga nantinya adalah gelar Sarjana
Tidak perlu memaksa harus kuliah di Negeri kampus terbaik. Lebih baik memilih kampus dengan Akreditasi baik dan jurusan cocok dengan minat kamu.


Nilai-Nilai Manfaat Menjadi Sarjana

1. Meningkatkan status sosial

  • Kartu Keluarga ada keterangan pendidikan terakhir
  • Saat melamar pekerjaan akan di seleksi minimal pendidikan
  • Lulusan sarjana lebih banyak lowongan kerja
  • Saat mencari jodoh juga sering dipertanyakan pendidikan terakhir
  • Mau naik jabatan diutamakan yang sarjana
  • Di kartu undangan pernikahan dicantumkan gelar sarjana

Dari beberapa hal diatas saja sudah sangat terlihat bahwa sarjana lebih baik dari berbagai sisi. Bahkan sampai di kartu undangan yang dicantumkan gelar dapat membanggakan orang tua.

Bayangkan jika kamu sudah terlanjur kuliah tetapi tidak lulus dan tidak mendapatkan gelar? maka status pendidikan terakhir tetaplah SMA. 

2. Membahagiakan orang tua

Jika orang tua mendukung dan mempunyai biaya untuk anak-anaknya meneruskan kuliah, maka sebaiknya kamu mengambil kuliah yang paling sesuai dari segi minat jurusan dan biaya.

Apalagi jika orang tua kamu bukan sarjana, sebuah harapan besar jika anak-anaknya nanti lebih baik dari mereka bisa mendapatkan gelar di belakang namanya.

Bisa foto bareng saat wisuda, anaknya mempunyai gelar sarjana adalah sebuah kebahagiaan bagi orang tua.

3. Bekal ilmu lebih tinggi

Mengapa banyak sekali lowongan kerja di posisi penting selalu mengutamakan minimal lulusan S1?

Karena pendidikan 4-5 tahun di kampus jauh berbeda dari di sekolah. 

Dosen dan cara ajar di kampus sangat berbeda dengan cara didik di sekolah, makanya nama muridnya bukan lagi siswa-siswi tetapi mahasiswa-mahasiswi.

Mahasiswa tidak akan dipaksa, diawasi, bebas masuk kuliah apa tidak, mau lulus kapan semua itu sudah menjadi tanggung jawab masing-masing.

Cara mengajar dosen juga menyampaikan teori dan praktek lebih detail, bahkan mahasiswa harus dapat menemukan teori sendiri untuk permasalahan tertentu. Meneliti, membahas dan memberikan solusi dari suatu permasalahan.

4. Nilai plus di mata calon pasangan

Jaman yang semakin banyak remaja bisa menempuh pendidikan tinggi dan gelar sarjana membuat banyak orang ketika ingin menikah juga melihat calonnya lulusan Sarjana apa bukan.

Baik wanita maupun pria sama saja, mereka diam-diam mempertimbangkan gelar calon pasangannya. Karena  gelar sarjana dianggap lebih baik cara pemikirannya dalam berkehidupan.

5. Modal meyakinkan mertua

Sama dengan poin nomer 4, orang tua jaman sekarang terutama yang mempunyai anak perempuan seringkali lebih suka jika calon mantunya itu kuliah dan sarjana.

Apalagi di jurusan dan kampus ternama, punya masa depan pekerjaan yang lebih baik. Tentu saja pemikiran seperti ini sah-sah saja sebagai orang tua menginginkan anaknya mendapatkan pasangan yang terbaik.

6. Jadi motivasi anak

Maksudnya bagaimana?

Saat sekolah seringkali anak-anak masih ada yang harus mencantumkan pendidikan terakhir orang tua. Bagi anak yang orang tuanya mempunyai gelar sarjana, mereka berpikir orang tuanya lebih baik, lebih pandai sehingga dapat memotivasi anak.

Orang tuaku lulusan sarjana, pasti aku juga bisa lebih pandai dan juga ingin melanjutkan kuliah di kampus terbaik.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara