Aplikasi Kasir Jowara

Pengalaman Usaha ATK dan Fotocopy Modal 5 Juta

Saya membuka usaha toko kebutuhan sekolah dengan dilengkapi fotocopy dan printer dengan modal 5 juta. Rincian dana untuk membeli alat printer seharga 3,2 juta, dan sisa 1,8 juta untuk membeli perlengkapan kertas dan alat tulis kantor (ATK).

Saya akan mencoba membagikan di artikel ini mungkin agar bisa menjadi pertimbangan sebelum anda memutuskan usaha fotocopy dengan modal minim.

Alat pint yang saya gunakan adalah sejenis printer dengan dilengkapi alat scan dan fotocopy, Epson Ecotank L3250. Jadi fungsi utama untuk alat print tugas kebutuhan siswa-siswi sekolah.

Usaha Fotocopy

Alat Printer Fotocopy dan Scan

Saya membeli merek Epson Ecotank, ada juga HP Smart Tank yang sudah populer digunakan untuk perkantoran karena fiturnya lengkap. Untuk ngeprint, fotocopy dan juga scan.

Menggunakan jenis tinta Ink yang cukup mudah diaplikasikan pada printer dan murah harganya lebih murah daripada jenis laserjet.

Kualitas printer bagus untuk memenuhi berbagai kebutuhan, print tugas sekolah, tugas kuliah dan juga berbagai kebutuhan kantor. Hasil cetakan hitam putih dan juga print cetak warnanya bagus. 

Dengan memilih jenis printer dengan harga diatas 3 juta memberikan kualitas yang memuaskan

Fotocopy terbatas, hanya cocok untuk fotocopy 1 hingga 5 lembar saja. Kurang cocok jika untuk kebutuhan lebih dari 20 lembar dalam sekali pakai. 

Tidak seperti alat fotocopy besar, jenis printer Ecotank ini sistemnya menggunakan sistem scan dan printer.  Jika hanya untuk fotocopy dokumen yang hanya beberapa lembar saja masih sangat bisa diandalkan.

Digabung dengan Alat Tulis Sekolah Kantor (ATK)

Saya kemarin untuk memenuhi toko dengan alat tulis kantor awal mula hanya kulakan 2 juta. Setelah berjalan 2 bulan toko sudah mulai ada pembeli, tahu apa saja yang laris lalu saya tambah modal kulakan lagi senilai 3 juta.

Mulai dari sediakan jenis-jenis kertas print seperti A4 dan F4 yang paling umum dipakai. Lalu beberapa buah bolpoin, map, pensil, dan clip kertas.

Jika bisa menambahkan dagangan lain yang menarik orang untuk datang, sehingga hasilnya tidak hanya dari fotocopy saja.

Pertimbangan Lokasi Usaha Fotocopy

Usaha print fotocopy tentunya menargetkan remaja sekolah, kuliah dan pegawai kantor pemerintah. Jika lokasi dekat dengan lalu lintas sekolah dan kuliah kampus maka cukup prospek untuk membuka usaha fotocopy modal 5 juta saja.

Saya juga membuka toko kebutuhan sekolah dilengkapi dengan print dan fotocopy berlokasi di jalan utama antar kecamatan yang pasti sering dilewati anak sekolahan.

Ini juga salah satu usaha saja disamping ada usaha lain yaitu membuka toko online jualan peralatan dapur dari kayu.

Modal 5 juta termasuk kecil, jika ingin menyewa toko strategis mungkin membutuhkan dana 20 hingga 25 juta untuk sewa satu tahun. Tetapi pertimbangkan lagi apakah bisa menutup biaya dengan asumsi omset harian untuk usaha fotocopy.

Sebenarnya lokasi tidak perlu strategis, asalkan merupakan jalur pelajar, kuliah dan juga pegawai bisa mengakses jalan, misalnya lokasi sedikit masuk ke dalam gang.

Memanfaatkan Printer untuk Usaha Tambahan

Printer Epson harga 3 jutaan tergolong bagus untuk kepentingan ngeprint berwarna, saya menambahkan usaha kado pernikahan dengan cetak kartu ucapan.

Untuk cetak undangan masih belum punya kemampuan desain dan cara mengatur printer, jadi saat ini masih digunakan cetak undangan.

Selain itu juga alat printer berguna untuk mencetak resi jualan toko online melalui marketplace. Jadi saya sendiri tidak hanya fotocopy dan print tetapi memanfaatkan apa yang ada peluang. 

Pulsa, Token dan Materai

Saya juga menambahkan jual pulsa, token dan materai sangat cocok digabungkan dengan toko atk dan fotocopy. Untuk jualan pulsa sekarang sangat mudah saya melalui mitra Tokopedia.

Jualan pulsa dan token listrik tidak perlu modal, tinggal isi saldo Gopay tergantung budget yang dimiliki, nanti dananya juga akan cepat balik ketika ada yang membeli pulsa dan token listrik.

Untungnya memang tidak seberapa, tetapi ini membuat toko lebih hidup dan bervariasi.

Pengalaman Bisnis Mitra Tokopedia


Sambil Jualan Online

Sambil menunggu toko ketika sepi bisa disambi dengan jualan online, barang-barang yang sekiranya bisa dikirimkan, sehingga menambah sumber penghasilan.

Bisa belajar pemasaran online dan digital marketing di website www.dhadigital.com

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama