Seputar Dunia Kerja Freelance dan Contoh-Contohnya

kerja freelance

Saya sendiri sampai saat ini juga mengerjakan pekerjaan freelance yaitu mengerjakan jasa pembuatan website. Di era modern ini sistem freelance memang dapat menguntungkan kedua belah pihak, antara perusahaan pemberi kerja dan penerima kerja yaitu freelancer.

Pengertian kerja freelance adalah bekerja tidak terikat waktu dan tempat, bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja yang dilakukan sesuai kesepakatan antara pemberi kerja dan orang yang mengerjakan. Kesepakatan berupa apa yang dikerjakan, harga, dan durasi waktu pengerjaan. 

Misalnya saya membuka jasa pembuatan website, kemudian seorang pemilik bisnis bernama Pak Agus ingin membuat website dengan kriteria tertentu. 

Kemudian pak Agus menghubungi saya untuk membuatkan website sesuai dengan kriteria yang diinginkan, lalu saya menawarkan harga yang disepakati bersama, sistem pembayaran juga tergantung kesepakatan.

Gaji freelance tidak ada kepastian jumlah dan tidak mengikuti standar UMK, semua ditentukan oleh kesepakatan kedua belah pihak, nilai jumlahnya bisa lebih besar atau kecil tergantung jenis pekerjaan yang dikerjakan.

Apa itu marketing freelance?

Jika kamu menemukan lowongan pekerjaan berupa marketing freelance artinya adalah bekerja tanpa terikat waktu dan tempat dan tanpa digaji bulanan. 

Kamu bisa melakukan pemasaran produk tanpa perlu ke kantor dan digaji sesuai kesepakatan. Biasanya gaji dari bonus penjualan atau sekedar uang transportasi, tidak ada gaji bulanan atau gaji tetap.

Apa itu karyawan freelance?

Karyawan yang bekerja tanpa terikat untuk datang ke kantor setiap hari. Kesepakatan pemberi kerja untuk merekrut karyawan secara freelance dengan ketentuan hasil laporan kerja.

Mungkin bisa seminggu sekali untuk memberi laporan, bahkan bisa cukup dengan online report.

Gaji karyawan freelance disesuaikan dengan kesepakatan kedua belah pihak biasanya di Indonesia rata-rata dibawah UMR. Karena pihak perusahaan juga belum mampu memberikan standar gaji UMR.

Freelance bis dilakukan oleh semua orang
Semua orang yang punya kemampuan untuk mengerjakan sesuatu dan ada yang membutuhkan kemampuan dia maka bisa bekerja.

Freelance untuk mahasiswa juga sudah sangat memungkinkan jika dia punya kemampuan di bidang tersebut. 

Saya pernah bekerja di perusahaan kecil desain interior, saat ini mencari seorang mahasiswa jurusan desain interior yang bisa melakukan pekerjaan sesuai permintaan dengan pembayaran sesuai kesepakatan.

Saya pernah bekerja di perusahaan besar yang maintenance website yang membutuhkan banyak artikel. Untuk memenuhi kebutuhan artikel tersebut saya memberi pekerjaan kepada mahasiswa yang ahli menulis dengan bayaran per artikel.

Contoh-contoh pekerjaan freelance

Desian grafis banyak sekali yang mencari para freelancer untuk mendesain foto, gambar untuk banner, sosial media, dan logo.

Web dan pemrograman, termasuk yang saya kerjakan sekarang dengan kesepakatan.

Kelola sosial media, ini juga cukup banyak peluang karena semua usaha dan  bisnis rata-rata punya sosial media dan cukup posting dan konten bisa dikerjakan dari mana saja.

Audio video, membuat audio recording atau membuatkan video juga bisa dikerjakan secara freelance dari mana saja.

Penulis artikel ini banyak yang membutuhkan untuk keperluan blog dan website.

Konten kreator yang punya akun sosial media dengan banyak followers bisa loh direkrut oleh pemilik brand untuk jadi karyawan freelance membuat konten posting produk di akun sosial media.

10.000 hingga 100.000 sudah cukup bisa digunakan jika punya followers aktif.

Arsitek dan desain interior sekarang malah banyak yang sistem freelance karena lebih nyaman untuk kedua belah pihak. Bekerja dan dibayar jika ada project

Buat kamu yang masih calon mahasiswa pilih kuliah yang bisa langsung bekerja minimal freelance

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara