Pengalaman Cara Menabung Emas Bisa Pasti Untung

cara menabung emas

Alifandofla.com - Saya akan berbagi pengalaman cara menabung emas bisa untung. Saya sudah menabung emas sejak tahun 2017 saat harga emas masih Rp 650 ribu an per gram, sekarang harga per gram sudah 1 juta lebih.

Tidak ada cara khusus dalam menabung emas, saya hanya akan berbagi pengalaman saja bagaimana menabung emas bisa untung.

Mungkin masih banyak yang kurang mengerti bagaimana cara menabung emas. Ada yang masih bertanya mending membeli emas perhiasan atau emas batangan. Ada yang menabung emas secara virtual dengan membelinya mulai dari 0.01 gram lain sebagainya.

Menabung adalah menyisihkan  uang untuk tabungan masa depan, bukan untuk mencari keuntungan. Nilai uang akan terus turun sedangkan emas akan terus naik dan menjadi pilihan tabungan yang lebih baik karena menguntungkan.

Pengalaman saya menabung emas bisa untung sejak membeli di tahun 2017 dengan harga Rp 680.000 dan harga jual sekarang tahun 2023 ini sudah 1 juta per gram artinya untung sekitar 30%. 

Berikut Pengalaman Untung Menabung Emas

1. Membeli per gram emas batangan

Kamu sebaiknya membeli emas dalam bentuk fisik, real, dan nyata, karena nilai emas terdapat pada logam mulia yang telah terwujud dengan proses penambangan, pencetakan, dan penjualan.

Jika emas hanya berupa angka, 0,1 atau 1 gram tanpa bentuk emas nyata ibaratnya kamu hanya menyimpan uang dengan nilai emas, kamu tidak mempunyai emas secara nyata.

Lebih baik menyiapkan uang cukup untuk membeli emas, apakah kamu mau membeli 1 gram, 2 gram atau 5 gram. Pastikan bisa langsung memegang fisik emasnya. Saya biasa menyisihkan uang gaji untuk membeli emas fisik 1 gram dan 2 gram.

5 Kelebihan Membeli Emas Batangan Sebagai Investasi

2. Jangan membeli tabungan emas virtual

Peringatan buat semua yang mau menabung emas jangan membeli jenis tabungan virtual di berbagai layanan. Karena emas yang bernilai adalah bentuk fisiknya bukan  nilainya.

Meskipun banyak sekali platform online emas vitual dengan membeli nilai emas saat ini sama saja membeli sesuatu yang tidak pasti.

3. Membeli emas batangan 

Usahakan membeli emas batangan daripada perhiasan. Karena kadar emas perhiasan memang terkenal lebih rendah karena ada campuran. Selain itu ada harga produksi bentuk perhiasan yang harganya akan turun jika dijual lagi.

Harga produksi emas perhiasan akan hangus tidak ada nilainya bahkan akan menurunkan harga perhiasan. Kenaikan perhiasan ada pada nilai harga jual emas saat ini dan saat dulu membeli.

4. Beli di toko emas resmi

Kamu bisa datang ke butik emas di daerah terdekat untuk membeli langsung emas batangan. Misalnya di Semar Nusantara atau butik lain yang sudah terkenal menjual emas.

Kamu juga bisa membeli di butik emas online di Tokopedia dengan memilih official store berlogo ungu yang menandakan toko sudah resmi official.

Di tahun 2017 saja saya sudah bisa membeli secara online karena tidak sempat datang ke butik, tentu saja sekarang untuk membeli online jauh lebih mudah.

5. Cek selisih harga emas

Lihat terlebih dulu di https://www.logammulia.com/id/harga-emas-hari-ini berapa harga emas batangan yang akan dibeli. 

Harga jual di butik maupun toko online harus tidak lebih mahal maksimal 20.000 rupiah saja, kalau bisa harganya sama.

6. Simpan hingga lebih dari 2 tahun

Kalau bisa disimpan terus dan jangan dijual kecuali benar-benar butuh. Tabungan tujuannya adalah jangka panjang untuk kebutuhan tertentu.

Emas akan naik harganya setelah lewat 1 tahun lebih atau minimal 2 tahun. Jika masih dalam waktu hitungan bulan menjual emas kembali harganya pasti jatuh. 

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara