Perbedaan Simpati dan Empati Beserta Contoh dalam Kehidupan

Alifandofla.com - Tahukah kamu banyak orang yang bisa merasa simpati tetapi belum tentu bisa empati? Kedua hal ini meskipun terkesan sama tetapi berbeda dalam kata dan penerapannya. Kamu harus tahu dan mungkin bisa mempunyai jiwa keduanya dalam menjalankan kehidupan sosial.
perbedaan simpati dan empati

Sikap simpati dan empati adalah dua sifat baik yang seharusnya diajarkan sejak dini. Jika seseorang punya dua sifat tersebut, dia akan lebih mudah menjalankan kehidupan sosial, menjadi pribadi yang baik disukai teman dan lingkungannya.

Arti simpati adalah perasaan kepada orang lain, bisa rasa suka atau tertarik dan juga perasaan peduli kepada keadaan orang lain kemudian bertindak untuk membantu. Orang yang suka membantu orang lain yang kesusahan dia punya rasa simpati yang tinggi.

Arti empati adalah kemampuan untuk bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, dapat berpikir memposisikan jika dirinya sebagai orang tersebut. Hal ini bisa terjadi kepada siapa saja, teman, pasangan, anak maupun orang tua. 

Dengan mempunyai empati biasanya orang tidak akan cepat menyalahkan orang lain, tidak merasa benar sendiri dan lebih toleransi.

Jadi perbedaan simpati dan empati adalah

Simpati adalah perasaan suka, tertarik dan peduli kepada orang lain yang menggerakkan hati untuk menolong. Sedangkan empati adalah perasaan bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain, dengan memposisikan diri jika berada di posisi orang tersebut.

Simpati = suka, tertarik dan peduli dengan orang lain

Empati = merasakan dan memposisikan diri apa yang dirasakan oleh orang lain


Seorang yang punya empati tinggi otomatis akan punya rasa simpati suka membantu, karena tahu apa kesulitan dan kesedihan orang. Sedangkan rasa simpati belum tentu punya rasa empati.

Begini Penjelasan Logika Pria vs Perasaan Wanita

Contoh sikap simpati

Ada seorang ketua Osis dia sangat pandai dalam berpidato, mempimpin anggotanya untuk menjalankan kegiatan kemudian muncul rasa simpati suka dengan kepemimpinannya.

Ada seorang cewek yang baik dan manis di kelas, dia suka membantu mengajari teman-temannya, sehingga banyak teman yang simpati dan suka.

Tetangga sedang sakit kemudian segera buru-buru untuk menjenguk dan membawa sedikit bingkisan karena rasa simpati atas sakitnya tetangga.

Saudara ada yang melahirkan maka segera ingin menjenguk dan memberikan hadiah untuk buah hatinya karena rasa simpati atas kelahirannya.

Contoh sikap empati

Ada teman yang kesulitan dengan pelajaran matematika, karena memang dasar kemampuan otaknya. Dia empati tidak mencemooh tapi mau membantu mengajari.

Ada seorang teman yang cupu dan pemalu untuk bergaul, dia sadar sikap introvert teman tersebut. Karena empati dia tetap mau berteman tidak mengejek.

Pasangannya di sakiti oleh orang lain, dia juga ikut merasa sakit hati karena rasa empati ke pasangan.

Ketika seorang anak seling salah kata atau salah perbuatan, orang tua tidak serta merta marah karena rasa empati dapat memahami perasaan si anak tersebut.


Empati adalah sikap yang jarang dimiliki oleh kebanyakan orang, karena pada umumnya orang akan cenderung berfikir yang menurut dia paling benar.

Perbedaan Efektif dan Efisien

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara