Aplikasi Kasir Jowara

Pengalaman Gadai Emas Batangan di Pegadaian

gadai emas di pegadaian

Alifandofla.com - Saya ingin berbagi pengalaman gadai emas di Pegadaian yang sudah pernah melakukan 3 kali. Saya menggadaikan adalah emas batangan Antam dari pembelian di toko online. Membeli emas batangan Antam tujuannya sebagai tabungan ketika ada uang lebih. Ini adalah pilihan paling tepat yang saya lakukan.

Kelebihan Membeli Emas Batangan sebagai Investasi

Syarat gadai emas di pegadaian

Syaratnya sangat mudah hanya perlu membawa emas, dan KTP, kemudian surat pembelian emas (opsional boleh ada boleh tidak)

Emas adalah barang paling mudah prosesnya untuk di gadaikan jika dibandingkan dengan produk lain seperti peralatan elektronik atau kendaraan bermotor. 

Saya juga pernah menggadaikan Kamera sedikit lama dengan banyak persyaratan lengkap dan harga gadainya sangat jauh dari harga produk.

Pengalaman gadai emas tapi tidak diambil

Saya saat itu membutuhkan uang mendadak sehingga simpanan emas saya gadai langsung ke Pegadaian. Saya menggadaikan emas Antam 2 gram di tahun 2021 senilai dengan harga asli 1,7 juta tetapi cair di gadaikan 1,4 juta.

Emas tersebut saya beli pada tahun 2018 seharga 1,2 juta, artinya dari nilai gadai tersebut sudah untung 200 ribu rupiah, meski nilai gadainya tidak penuh 100%.

Saya tidak ambil karena saat itu tidak sempat karena sudah terburu-buru pindah domisili. Saya dari Jakarta memutuskan untuk pulang ke Jawa, sedangkan tempat Pegadaian ada di Jakarta.

Ketika tidak saya ambil, tidak ada info apapun dari pihak Pegadaian sampai sekarang, mungkin sudah dijual dengan harga terkini yang pasti sudah lebih dari harga gadai yang saya dapatkan.

Gadai emas cair 85% dari harga asli

Saya masih ingat sekali pada Juli 2022 saya perlu uang lagi sehingga menggadaikan emas 2 gram pada saat itu hanya mendapatkan harga taksiran 1,5 juta kemudian dipotong biaya administrasi menjadi Rp 1 juta 480 ribu rupiah.

Harga emas batangan 2 gram pada saat itu sudah lebih dari 1,8 juta artinya saya hanya mendapatkan 83% dari harga asli.

Setelah 3 bulan saya emas gadaian saya ambil kembali, dengan mengembalikan uang gadai sebesar 1,65 juta .

Saya selalu berusaha mempunyai simpanan emas batangan karena mudah jika membutuhkan uang sewaktu-waktu bisa cepat cair saat di gadaikan maupun dijual.

Jual Emas sebaiknya ada surat dari toko asal

Meskipun jaman sekarang bisa membeli emas lebih mudah di toko online tetapi jika kita mau  menjual kembali akan sedikit kesulitan karena tidak bisa menjual kembali ke toko online, melainkan ke toko emas.

Jika tidak ada surat pembelian dari toko tersebut maka harga emas akan turun menjadi 85% - 90%. Sedangkan di Pegadaian tidak bisa menjual emas yang bukan dibeli dari Pegadaian dengan surat pembelian.

Baca selengkapnya Jual Emas di Pegadaian Vs Toko Emas

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama