Aplikasi Kasir Jowara

Sumber Pekerjaan Freelance Paling Potensial di 2024 untuk Mahasiswa

pekerjaan freelance mahasisa

Alifandofla.com - Era teknologi digital yang semakin berkembang di Indonesia, pasti juga meningkatkan sumber-sumber pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan dari laptop dan smartphone oleh siapa saja sebagai sumber penghasilan tambahan. 

Termasuk salah satunya dikerjakan oleh mahasiswa sebagai tambahan penghasilan di sela-sela waktu kuliah. Karena sifat pekerjaan freelance tidak terikat oleh waktu dan tempat, bisa dikerjakan dimana saja, maka bisa dikerjakan oleh mahasiswa yang masih sibuk kuliah.

Sangat sayang jika sekarang tidak mencoba belajar suatu ketrampilan untuk bisa bekerja freelance, karena selain bisa mendapatkan tambahan penghasilan juga sebagai portofolio kelak saat melamar kerja.

Laptop Sempurna untuk Mahasiswa Seharga 6 Juta

Daftar Pekerjaan Freelance yang Potensial

1. Voice Maker

Pekerjaannya membuat rekaman suara dari text menjadi suara yang bagus dengan nada yang sesuai dengan kebutuhan suara. Biasanya digunakan untuk kebutuhan suara untuk pembuatan video, promosi, atau pendukung konten-konten media sosial bisnis dan usaha.

Modal awal cukup menggunakan rekaman dari hp dan aplikasi editor, selanjutnya jika sudah ada modal bisa membeli alat voice recorder yang harhanya juga masih terjangkau.

2. Tiktok Video Creator

Belajar membuat video yang bagus dengan sebuah konsep tertentu sangat potensial di jaman sekarang,  Tiktok berkembang pesat.Jenis video pendek durasi 15,30, dan 60 detik sudah cukup untuk kebutuhan Tiktok. 

Jenis video juga bervariasi, bisa dengan menampilkan muka atau tanpa muka, dengan teknik editing menggunakan sumber-sumber bahan video dan foto (footage) yang dikemas menjadi satu video.

3. Buzzer

Pekerjaan yang cukup mudah di jaman sekarang banyak pemilik bisnis bahkan orang-orang tertentu membutuhkan buzzer untuk meningkatkan engagement akun mereka, dengan pekerjaan meliputi:

  • Like postingan
  • Menonton live streaming
  • Memberikan komentar positif
  • Memberikan ulasan positif



4. Endorse

Mungkin saudah sangat familiar bahwa pekerjaan endorse sosial media masih sangat terbuka lebar, dengan penghasilan 50 ribu hingga 500 ribu untuk sekali endorse dengan akun Instagram dan Tiktok jumlah followers 1K hingga 10K.

Caranya harus aktif di sosial media dengan sering posting konten-konten yang menarik agar meningkatkan jumlah followers dan engegement rate. Karena bisnis yang membutuhkan endorse mereka juga memilih akun yang mempunyai engagement rate tinggi.


5. Desain Grafis

Banyak sekali yang membutuhkan freelance desain grafis untuk bermacam-macam kebutuhan di jaman sekarang yang bisa hanya dikerjakan di depan laptop saja seperti:
  • desain poster, baliho, brosur
  • desain konten sosial media
  • desain company profile usaha
Modalnya mau belajar photoshop, Corel, atau Canva yang terpenting bisa ahli dalam membuat konsep dan hasil desain yang sesuai dengan kebutuhan klien.


Itu semua adalah peluang pekerjaan freelance yang bisa dilakukan oleh kalangan mahasiswa untuk menambah penghasilan tanpa harus terikat kerja.

Besar kecil hasil juga ditentukan dari ketrampilan, hasil kerja, dan kemampuan mencari peluang-peluang penghasilan seperti membuat portofolio profil.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama