Diet untuk Penderita Asam Lambung Makan 5-6 Kali Sehari

Ketika saya  mengikuti program diet bersama-sama, ada beberapa anggota yang punya asam lambung dan tetap bisa menjalankan diet. Bukan hal yang sulit untuk bisa menjalankan diet bagi penderita asam lambung. Mungkin tips diet berikut ini bisa anda coba.

Ada banyak program diet, tetapi pada dasarnya semua program diet intinya sama yaitu defisit kalori atau jumlah kalori yang masuk lebih sedikit daripada kalori yang dibutuhkan setiap hari. Jadi cara diet yang saya jelaskan ini menggunakan metode diet defisit kalori dan pemenuhan nutrisi tubuh. 

Selain bisa menurunkan berat badan juga bisa membuat tubuh lebih sehat.

Misalnya jumlah kalori yang dibutuhkan rata-rata orang sehari adalah 1700-2000 kalori, maka usahakan setiap hari hanya mengkonsumsi 1200-1500 kalori saja, dengan memilih menu makanan berikut ini.

1. Menu sarapan (07.00 - 08.00)

kurma untuk diet
Wajig menggunakan menu makanan untuk sarapan mempunyai glikemik indeks (GI) yang rendah antara 40-60. Glikemik indeks rendah sangat membantu program diet, meningkatkan metabolisme dan menahan nafsu makan. 

Pilihan sarapan GI rendah: jagung rebus, susu protein, oatmeal, telur rebus, atau kurma. Saya kurang menyarankan oatmeal karena rasanya yang tidak enak membuat berat, lebih bagus susu protein atau kurma saja. GI kurma hanya 45-50 termasuk rendah, dengan kalori 30 kcal per biji cocok untuk sarapan diet dengan makan 3-5 biji.

Sedangkan makanan dengan glikemik indeks tinggi sering memicu nafsu makan, seperti nasi, tepung, bubur dan roti.

2. Menu camilan (09.00 - 11.00 dan 14.00 - 16.00)

apel untuk diet
Pada pada jam ini harus makan atau nyemil buah-buahan segar, atau snack rendah kalori seperti oat. Saya sarankan lebih baik buah-buahan segar karena akan mengenyangkan dan menekan asam lambung.

Buah-buahan yang direkomendasikan adalah: pepaya, pir, apel, jeruk, nanas, dan alpukat.

Banyak makan buah segar akan cepat meningkatkan metabolisme tubuh, memberi nutrisi sehingga penurunan berat badan lebih cepat.

Buah segar juga bisa memberikan rasa kenyang yang cocok untuk penderita asam lambung.

3. Menu Makan Siang (12.00 - 13.00)

menu diet

Porsi nasi hanya 1 centong
Ambil lauk sebanyak-banyaknya berupa sayuran hijau, baik dimasak ditumis, atau di sayur kuah. 
Selalu menggunakan lauk protein seperti telur, daging ayam, tempe atau tahu.

Lauk boleh digoreng, tetapi jangan yang digoreng ditambah tepung. Akan lebih baik dan cepat jika lauknya semua di tumis, bakar atau direbus tidak ada yang digoreng

4. Menu snack ( 18.00 - 20.00)

Jam - jam biasanya makan malam bisa diganti dengan snack camilan. Lebih baik jika bisa cemilan buah segar tetapi tentu akan bosan dan berat jika satu hari makan buah terus.

Hindari yang rasanya manis, boleh menggunakan camilan keripik kering dengan porsi terbatas, misalnya keripik tempe, keripik sayur.

Ingat porsinya harus benar-benar dibatasi, karena jika berlebihan justru akan menggagalkan diet.

5. Makan Malam

Menu makan malam sama dengan menu makan pagi, jadi anda bisa menyiapkan untuk pagi dan malam. Anda bisa menyiapkan misalnya susu protein, oatmeal, kurma, atau telur rebus.

Kalau saya lebih simple dan suka telur atau kurma, semakin simple juga semakin mudah untuk mengkonsumsi.

6. Minum Air Putih 2-3 Liter per Hari

Cara rahasia cepat meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak adalah rajin minum air putih 2 hingga 3 liter per hari.

Menu makan dibuat mudah
Menerapkan makan 5-6 kali sehari anda harus terbiasa makan yang sama setiap hari. Jika anda berpikir ganti menu pasti akan bingung dan sulit.

Contohnya saya untuk sarapan dan makan malam cukup menggunakan 3-5 biji kurma, atau minum susu protein.

3 Hari Diet, 1 Hari Jajan
Kalau makan itu-itu terus setiap hari pasti akan membosankan, makanya saya membuat aturan 3 hari diet 1 hari jajan.

Biasanya saya jajan hanya 1 kali sehari di jam 18.00 - 20.00 dengan menu makanan kesukaan misalnya mie ayam, nasi goreng, atau sate kambing.

Pola makan pagi hingga sore tetap sama menerapkan pola diet. Jadi meskipun jajan tetap tidak berlebihan kalori. Karena kalau makan jajan sepuasnya, diet yang dilakukan akan percuma. 

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara