Aplikasi Kasir Jowara

Perbedaan Orang Introvert dan Ekstrovert Inilah Tanda-Tandanya

Apa sih tanda perbedaan introvert dan ektrovert itu? diri kita termasuk dalam tipe kepribadian yang mana.  Di artikel ini akan menjelaskan secara mudah yang mungkin bisa untuk mengetahui perbedaan dari kedua tipe ini.

Atau mungkin untuk menebak karakter orang lain seperti teman, pacar atau pasangan. Dengan mengetahui tipe seseorang, maka akan lebih mudah memahami bagaimana cara berteman dan berkomunikasi lebih baik dengan orang tersebut, termasuk untuk diri sendiri.

Umumnya dari kedua tipe introvert dan ekstrovert tidak ada yang 100% dalam diri seseorang, hanya peresentasenya lebih dominan mana.

Misalnya saya ketika tes kepribadian 60% lebih dominan introvert, sedangkan 40% ekstrovert. Maka saya termasuk tipe introvert.

Tapi ketika melihat tanda-tanda dalam sikap dan perilakunya maka cukup bisa untuk menilai pada diri kita sendiri atau orang lain.

perbedaan introvert dan ekstrovert

Tanda Orang Tipe Introvert

  1. Sedikit teman, tetapi hubungannya sangat akrab dan awet

  2. Lebih bisa memahami diri sendiri

  3. Nyaman menyendiri dalam keadaan tenang

  4. Hiburannya suka di rumah seperti membaca, menulis atau nonton film

  5. Bisa merasa tenang saat sendirian

  6. Lebih pendiam tidak banyak bicara

  7. Tidak berambisi menjadi sosok terkenal

  8. Mudah tersinggung perasaannya

Ada sifat yang positif ada juga yang negatif sebaiknya dilawan sikap-sikap negatif seperti kurang bisa bersosialisasi dan berkomunikasi.

Sebagai contoh saya sendiri sebagai tipe introvert ketika weekend libur kerja paling suka di kos seharian, menyediakan kopi dan cemilan lalu main game daripada keluar jalan-jalan di keramaian.

Bahkan ada sikap yang membuat kharisma seorang introvert menarik di mata orang lain.  Saya tidak pernah merasa minder dengan kepribadian introvert karena tahu kapan harus bersikap sosial yang baik dan juga sangat tahu bagaimana bersikap yang menjadikan diri sendiri itu nyaman.


Tanda Orang Tipe Ekstrovert

1. Banyak teman tetapi tidak semuanya dekat

2. Suka berkumpul dengan banyak orang

3. Suka mencari hiburan keluar rumah, seperti jalan-jalan atau sekedar ngumpul bersama

4. Lebih suka jika selalu ada teman atau orang lain di dekatnya

5. Pandai dalam berkomunikasi dengan orang lain

6. Suka menjadi sosok yang dikenal banyak orang

7. Suka bercanda dan tidak mudah tersinggung


Sebaliknya, jika ada orang yang tidak betah berlama-lama di rumah, suka mencari teman, perasaannya ingin keluar jalan-jalan untuk sekedar mencari udara atau bertemu dengan teman ngobrol itu ciri khas ekstrovert.

Kamu pasti menemui baik teman pria maupun wanita, yang bawaannya itu jalan-jalan keluar rumah. Hatinya senang ketika bertemu temannya meskipun tanpa tujuan yang jelas. Kemungkinan jiwanya punya kepribadian ekstrovert.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama