5 Tanda Efek Negatif Badan Gemuk yang Berbahaya

efek badan gemuk

Alifandofla.com - Jaman sekarang banyak kita lihat orang berbadan gemuk, terutama mereka yang pekerjaan nya sedikit gerakan fisik seperti pekerjaan kantoran. Banyak beraneka macam makanan dan jajanan membuat kita kadang sulit untuk mengendalikan pola makan. Tidak sadar kelebihan asupan kalori karena sering makan yang menjadikan tubuh gemuk.

Mungkin kita sendiri yang tidak sadar ternyata sudah kelebihan berat badan dan merasa ada yang kurang dengan kondisi kesehatan. Mungkin sudah merasa mudah lelah, mudah ngantuk, dan kurang semangat gerak adalah salah satu tanda sudah kelebihan berat badan. Ini adalah beberapa contoh efek negatif badan gemuk.

Pernah gak kamu menghitung berapa berat badan ideal seharusnya? sebagai pengingat kondisi berat badan saat ini apakah masih termasuk batas aman.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Mungkin masih tergolong aman jika berat badan hanya kelebihan 3 hingga 5 kg saja, meskipun ini sudah banyak efek berbahaya jika pola makan kurang bagus dan kurang aktifitas gerak.

Tanda-Tanda Negatif Efek Badan Gemuk

1. Kurang Semangat
Jika kamu sudah merasa aneh pada diri sendiri seperti kurang bersemangat saat beraktifitas sekolah, kuliah atau bekerja bisa saja karena badan sudah kelebihan berat.

Badan gemuk artinya banyak lemak yang menumpuk pada urat-urat nadi, pada lapisan bawah kulit dan di organ tubuh, sehingga menyebabkan peredaran darah kurang lancar. 

Hal ini dapat menyebabkan sirkulasi oksigen dan nutrisi dari makanan tidak terserap dengan cepat sehingga tubuh juga terasa kurang berenergi.

2. Mudah lelah
Biasanya orang gemuk mudah lelah, lebih suka makan, duduk, rebahan, tidur dan enggan untuk bergerak fisik yang berat.

Coba bayangkan jika berat badan ideal kita seharusnya adalah 60 kg tetapi sampai berlebih 75 kg. Artinya kita kemana-mana dari bangun tidur hingga kembali tidur membawa beban berat 15 kg setara 1 galon air minum.

Mungkin kita tidak sadar dan biasa-biasa saja, tetapi tulang dan tubuh yang akan menerima efeknya sehingga badan menjadi mudah lelah. Persendian memberikan sinyal kelelahan menjadikan badan terasa lelah dan capek.

3. Mudah mengantuk
Kelebihan berat badan dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang dan dapat menyebabkan mereka lebih mudah mengantuk selama aktivitas sehari-hari. Makanan tinggi karbohidrat menjadikan tubuh lebih cepat mengantuk. 

Kurangnya aktivitas fisik juga dapat menyebabkan seseorang lebih mudah mengantuk. Aktivitas fisik membantu memompa darah ke seluruh tubuh, meningkatkan aliran oksigen dan nutrisi ke otak, dan membantu menjaga tingkat energi yang seimbang.

4. Kurang percaya diri
Banyak orang penampilannya menjadi kurang menarik ketika badannya gemuk. Baik pria maupun wanita pasti punya harapan punya bentuk badan ideal yang menarik.

Sedangkan gemuk menjadikan badan kurang menarik, bahkan bisa merasa jelek dilihat orang lain. Tentu saja hal ini menjadi penyebab rasa kurang percaya diri di berbagai kondisi. Terlebih jika di depan orang umum ada perasaan minder karena gemuk.

5. Beresiko penyakit
Berbagai macam penyakit beresiko pada orang gemuk. Mulai dari diabetes, darah tinggi, asam urat, dan stroke. Pola makan kelebihan karbohidrat dan lemak akan menumpuk di tubuh.

Hormon akan terus bekerja keras untuk mengatur gula darah dalam tubuh akibat kelebihan makan. Karena terlalu sering bekerja keras akhirnya bisa berakibat kerusakan hormon yang akhirnya terjadi penyakit.

Selain itu orang gemuk cenderung makan makanan kurang sehat tinggi lemak jenuh dan kolesterol pemicu penyakit jantung dan stroke.


Ayo mulai hidup sehat

Kita semua pasti bisa mulai cukup dengan kebiasaan yang mudah dilakukan seperti mulai mengurangi asupan makan karbohidrat, mengurangi jajanan makanan instan, mulai makan buah sayur, dan menghindari gorengan.

Mulai melakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah, atau pergi bersepeda, dan joging. Mencoba memilih jalan kaki ketika pergi ke warung untuk belanja juga olahraga yang murah dilakukan.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara