Cara Memulai Hidup Sehat Tanpa Berat Menjalankan

cara mulai hidup sehat

Alifandofla.com - Banyak orang jaman sekarang jika tidak peduli dengan kondisi berat badan, karena kebiasaan suka makan dan ngemil akan cenderung gemuk dan berlebihan berat badan. Memang ada banyak orang yang tidak terlalu mempermasalahkan penampilan badan, tapi akan lebih baik jika tidak sampai terlalu gemuk.

Gemuk yang berlebihan tentu berdampak tidak baik bagi tubuh, dari segi kesehatan badan, lemak, peredaran darah dan pola makan.

Motivasinya adalah, Menjaga Kesehatan

Boleh saja kita tidak peduli dengan penampilan badan, tetapi kesehatan sudah seharusnya menjadi hal paling mahal bagi kehidupan manusia.

Jika sakit segala hal akan jadi masalah, tidak bisa bekerja, makan tidak enak, banyak pengeluaran. Hanya karena tidak mau menjaga kesehatan.

Menjaga kesehatan adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan. Tidak sulit dan tidak juga menghabiskan waktu. Banyak hal-hal sederhana yang bisa kita terapkan agar hidup menjadi lebih sehat.

Tips Hidup Lebih Sehat Lakukan Kebiasaan Mudah Ini

Berat badan tidak harus ideal tapi tetap menjaga

Tidak ada yang memaksa badan harus ideal, dan banyak juga orang yang berlebih berat badan tetap sehat. Tapi akan lebih baik jika tidak berlebihan dan ingat menjaga pola makan itu tetap lebih baik.

Kebiasaan buruk seperti sering makan gula, minum minuman manis itu tidak baik bagi kesehatan. Bertambahnya timbunan lemak di dalam tubuh memang tidak terasa. Semakin gemuk seseorang akan semakin nafsu makan tinggi.

Mengurangi asupan karbohidrat

Hampir semua makanan sekarang adalah sumber karbohidrat, nasi, mie, gorengan dan minuman manis. Kopi susu yang memakai gula juga mengandung karbohidrat tinggi.

Ada banyak cara untuk mulai mengurangi karbohidrat seperti yang juga saya lakukan antara lain

  • Mengurangi jumlah takaran nasi dalam piring diganti dengan sayur dan protein lebih banyak
  • Mengurangi takaran gula ketika membuat minuman kopi atau teh manis
  • Mulai sering minum air putih daripada minuman kemasan manis

Jika langsung total mengurangi jumlah makan, dengan puasa biasanya akan sulit konsisten daripada sekedar mengurangi karbohidrat.

Mulai membiasakan makan buah

Buah adalah pilihan cemilan terbaik yang rendah kalori, tinggi vitamin dan serat yang banyak manfaatnya bagi tubuh. Jenis-jenis buah yang mudah ditemui dan simple untuk dimakan seperti, jeruk, semangka, pisang, melon dan apel.

Mulai banyak orang jaman sekarang yang jarang makan buah bahkan sampai tidak mau makan, ini untuk jangka panjang kurang bagus untuk kesehatan. Mulai selalu untuk menyediakan stok buah di dalam kulkas dan dimakan setiap hari. 

Mulai dengan makan satu buah setiap hari hingga menjadi kebiasaan.

Olahraga apa yang kamu bisa

Olahraga saja yang ringan sesuai apa yang kamu bisa minimal seminggu 3 kali. Kalau suka joging bisa lakukan lari di pagi atau sore hari.

Atau kalau malas keluar rumah dan ingin yang mudah dan sederhana bisa lakukan workout olahraga push up, squat dan plank di rumah saja seperti contoh dibawah ini.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara