Lebih dulu Makan atau Olahraga Saat Diet?

lebih dulu makan atau olahraga

Hal yang harus diketahui mana yang lebih baik ketika menjalankan diet, apakah makan dulu atau olahraga dulu baru makan agar cepat menurunkan berat badan?

Dari banyak sumber dan yang pernah saya terapkan

Jawabannya adalah

Saat menjalankan diet, lebih baik olahraga dulu lalu baru makan setelah jeda 30-60 menit habis olahraga dengan jumlah dan porsi yang sesuai kebutuhan.  Karena pembakaran lemak akan lebih cepat saat perut kosong karena tidak ada sumber karbohidrat.

Makan, nyemil atau minum minuman manis, sebelum olahraga sama saja menyediakan sumber energi karbohidrat di dalam tubuh yang akan digunakan sebagai energi saat olahraga.

Hal ini bisa menghalangi tubuh membakar lemak sebagai energi, padahal tujuan diet adalah untuk membakar lemak sehingga turun berat badan. 

Boleh makan dulu sebelum olahraga jika

Bukan jenis makanan sumber karbohidrat melainkan protein seperti dada ayam, telur ayam, susu protein, sari kedelai.

Makanan ini baik dimakan 30 menit sebelum olahraga beban atau fitness. Bagus sebagai sumber protein pembentukan otot sekaligus meningkatkan pembakaran lemak.


Makan sesuai kebutuhan diet

Kita tentu tidak mau olahraga menjadi percuma karena tidak tahu mengatur pola makan. Hal ini banyak sekali terjadi pada kebanyakan orang. Setelah joging atau bersepeda satu jam lantas makan nasi dan gorengan.

Seharusnya makanannya adalah

Memperbanyak sumber protein seperti telur, tempe, daging ayam dengan porsi nasi seminimal mungkin. Kemudian diperbanyak sayuran dan buah.

Memilih makanan dengan lauk daging ayam, telur dan lauk sayuran yang itu lebih tepat, enak dan lebih kenyang daripada jenis makan bakso, mie ayam, nasi goreng, dan gorengan. 

Olahraga sebelum jam makan sangat dianjurkan bagi yang diet intermittent fasting, juga sudah banyak dibahas oleh pakar seperti Ade Rai

Cara Turun Berat Badan dalam Seminggu dari Ade Rai


Minum Kopi atau Teh Sebelum Olahraga

Kalau saya sering dengan kopi ditambah sedikit gula, tidak terlalu manis yang dapat meningkatkan semangat saat latihan. Gula juga lumayan sebagai sumber energi yang cepat diserap saat menjalankan olahraga angkat beban di gym.

Kopi dan teh juga banyak dianggap dapat menjadi fat burner, atau membantu proses pembakaran lemak.

Makanan yang harus dikurangi saat diet

Semua sumber makanan yang dibuat dari tepung terigu. Saat ini banyak sekali makanan yang diolah dari tepung. Gorengan, roti, biskuit, mie, cilok, martabak dan lain sebagainya

Lebih baik makan nasi dengan porsi sedikit dan memperbanyak lauk sayuran dan protein. 


Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama